Breaking News:

Penyakit Hepatitis

Muncul Temuan 21 Kasus Diduga Hepatitis Akut di Jakarta, Apakah Bisa Menular ke Orang Dewasa?

Terdapat lima pasien yang meninggal dunia diduga karena hepatitis akut di tiga provinsi di Indonesia, termasuk Jakarta.

Editor: Lailatun Niqmah
World Today News
Ilustrasi hepatitis akut pada anak. Terdapat lima pasien yang meninggal dunia diduga karena hepatitis akut di tiga provinsi di Indonesia, termasuk Jakarta. 

TRIBUNWOW.COM - Kasus hepatitis akut diduga sudah memasuki DKI Jakarta, dengan temuan suspek 21 kasus.

Selain itu, terdapat lima pasien yang meninggal dunia diduga karena hepatitis akut di tiga provinsi di Indonesia, termasuk Jakarta.

Meski demikian, menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad RIza Patria, temuan-temuan ini masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut.

Baca juga: Apa Itu Hepatitis Akut? Simak Penjelasan dan Gejala-gejalanya, Waspada saat Anak Diare Mendadak

"Data sementara ada 21 kasus yang diduga terkait hepatitis akut, meski demikian ini masih dalam proses penyelidikan epidemiolog," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Dikutip dari Kompas.com, Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan, lima pasien meninggal dunia dilaporkan di DKI Jakarta, Jawa Timur dan Sumatra Barat.

Sementara itu, pasien lainnya masih dalam perawatan.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memaparkan cara mencegah hepatitis akut, salah satuya dengan menjaga kebersihan diri.

"Virus ini menularnya lewat asupan makanan yang lewat mulut, jadi kalau bisa rajin cuci tangan saja supaya kita pastikan yang masuk ke anak-anak kita, kan ini menyerang banyak di bawah 16 tahun lebih banyak lagi di bawah 5 tahun, itu bersih," ujar Menkes dalam keterangan pers usai mengikuti rapat yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (09/05/2022), dikutip dari setkab.go.id.

Gejala Awal Penyakit Hepatitis Akut

- Mual

- Muntah

- Sakit perut

- Diare

- Kadang disertai demam ringan

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved