Breaking News:

Pembunuhan di Subang

Sejumlah Pengurus Jadi Saksi Kasus Subang, Yosef Sebut Kematian Korban Tak terkait Yayasan Keluarga

Yosef yang juga merupakan pendiri yayasan mengelak jika yayasan tersebut dikaitkan dengan kasus pembunuhan yang menewaskan istri dan anaknya itu. 

Penulis: Afzal Nur Iman
Editor: Atri Wahyu Mukti
Tribun Jabar/Dwiki MV
Yosef saat diwawancara pada Jumat (15/10/2021). Dia menyebut tak ada kaitannya antara kasus Subang dan yayasan yang didirikannya. 

TRIBUNWOW.COM - Sejumlah pengurus dan mantan pengurus Yayasan Bina Prestasi Nasional diketahui menjadi saksi dalam kasus pembunuhan ibu dan anak, Tuti Suhartini (55) dan Amalia Mustika Ratu (23) di Subang, Jawa Barat.

Namun, suami Tuti, Yosef yang juga merupakan pendiri yayasan mengelak jika yayasan tersebut dikaitkan dengan kasus pembunuhan yang menewaskan istri dan anaknya itu. 

"Keterangan dari Pak Yosef sendiri kepada kami kuasa hukumnya bahwa tidak ada sangkut pautnya kasus kematian dari kedua korban dengan yayasan," ucap Deden Nasution kuasa hukum Yosef di Subang, Senin (18/10/2021), dikutip dari Tribun Jabar.

Baca juga: Yoris dan Danu Gandeng 9 Pengacara Terkenal dalam Kasus Pembunuhan di Subang, Terungkap Ini Alasanya

Baca juga: Terkait Kasus Subang, Ahli Forensik Sebut Dapat Informasi dari Masyarakat di Medsos: Sangat Membantu

Yayasan tersebut memang diketahui oleh keluarga Yosef

Tuti dan Amalia juga menjadi pimpinan yayasan dengan masing-masing menjabat sebagai bendahara dan sekretaris. 

Dengan pimpinan tertinggi yaitu Yoris, anak pertama dari Yosef dan Tuti

Diketahui gaji pimpinan yayasan adalah Rp 12 juta untuk ketua yayasan dan masing-masing Rp 10 juta untuk sekretaris dan bendahara.

Yosef sendiri sudah tidak lagi menjabat di struktur yayasan, bahkan dia tidak menerima lagi penghasilan dari yayasan yang didirikannya.

Meski tak menjabat di struktur organisasi yayasan, Yosef melalui Deden membantah jika ada yang menyebut yayasan yang didirikannya terdapat konflik kepengurusan. 

"Memang dalam yayasan sendiri semuanya masih keluarga, seperti Yoris (34) ketua yayasan anak tertua dari Yosef struktur dari yayasan juga masih keluarga," katanya.

Baca juga: Apakah Hal-hal Mistis Bisa Pengaruhi Penyelidikan Kasus Pembunuhan di Subang? Ini Jawaban Polisi

Selain Yosef dan Yoris, pengurus yayasan lain yang masih keponakan Tuti, Danu juga menjadi saksi yang kerap diperiksa oleh penyidik. 

Kepala sekolah yang dinaungi yayasan itu juga diketahui sempat menjadi saksi. 

Bahkan istri muda Yosef, Mimin yang juga mantan pengurus yayasan menjadi saksi yang banyak diperiksa pihak kepolisian. 

Ditanyakan Penyidik

Polisi juga sempat mendalami soal dugaan konflik yayasan yang didirikan oleh Yosef

Rohman Hidayat yang merupakan kuasa hukum Yosef, menyebut Yosef juga dimintai keterangan soal masalah di Yayasan Bina Prestasi Nasional yang didirikannya. 

"Ditanya soal yayasan awal mula berdirinya bagaimana, kepengurusannya gimana dan peran-perannya seperti apa, seputar itu," Rabu (15/9/2021) ucap dia.

Ditanya terkait apakah ditemukan konflik dalam kepengurusan yayasan, dalam pemeriksaan, Rohman menyebut selama pemeriksaan belum ditemukan adanya konflik di dalam yayasan.

Namun, dia juga tidak membantah jika kemungkinan ada konflik yayasan. 

"Jadi bukan tidak ada ya, sejauh ini dalam pemeriksaan memang belum ditemukan soal konflik dalam pengurusan yayasan," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved