Breaking News:

Terkini Internasional

Arab Saudi Akhirnya Izinkan Kembali Ibadah Umrah bagi Jemaah Indonesia, Begini Ketentuannya

Arab Saudi telah membuka kembali ibadah umrah untuk jemaah Indonesia dan berada dalam tahap akhir pembahasan terkait vaksin dan proses masuknya jemaah

KOMPAS.com/INGGRIED DWI WEDHASWARY
Arab Saudi telah membuka kembali ibadah umrah untuk jemaah Indonesia dan berada dalam tahap akhir pembahasan terkait vaksin dan proses masuknya jemaah pada Sabtu (9/10/2021). 

TRIBUNWOW.COM – Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, menyampaikan Arab Saudi telah membuka kembali ibadah umrah untuk jemaah Warga Negara Indonesia (WNI).

Retno Marsudi juga mengungkapkan, Indonesia dan Arab Saudi berada dalam tahap akhir pembahasan teknis pelaksanaan umrah setelah keputusan tersebut.

Pernyataan Arab Saudi dikeluarkan melalui nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada Jumat (8/10/2021).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Jakarta, Kamis (17/9/2020). Terbaru, Kemenlu RI telah menuntut klarifikasi dari pihak Kedubes Jerman di Jakarta soal kunjungan Staf Kedutaan Jerman ke markas FPI.
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Jakarta, Kamis (17/9/2020).  (Dok Kemlu RI)

Baca juga: Arab Saudi Putuskan Kuota Haji Terbatas untuk Jemaah Domestik dan Ekspatriat, Ini Kata Menteri Agama

Baca juga: Arab Saudi Hanya Izinkan 60 Ribu Warga Dalam Negeri Laksanakan Ibadah Haji Tahun 2021

“Tentunya kabar baik ini akan kita tindaklanjuti dengan pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya,” kata Retno Marsudi dalam press briefing yang diunggah di situs web resmi Kementerian Luar Negeri, Sabtu (9/10/2021).

Retno menuturkan keputusan terbukanya kembali kesempatan umrah, didukung dengan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia yang makin membaik.

“Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jamaah umroh Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, diungkapkan kementeriannya terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan, serta pihak Arab Saudi terkait prosedur serta teknis pelaksanaan umrah bagi jemaah Indonesia.

Retno juga menambahkan, saat in, komite khusus di Kerajaan Arab Saudi sedang bekerja untuk meminimalisir segala hambatan yang menghalangi jemaah dari Indonesia untuk melaksanakan ibadah umrah.

Di dalam nota diplomatik Kedutaan Arab Saudi itu, juga disebutkan bahwa kedua pihak berada dalam tahap akhir pembahasan terkait vaksin dan proses masuknya jemaah.

“Nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama 5 hari bagi para jamaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan,” ungkap Retno.

Baca juga: Haji 2021 Resmi Hanya untuk Warga di Arab Saudi, Menag Gus Yaqut Harap Hoaks Seputar Haji Berakhir

Dia juga mengatakan telah melakukan koordinasi dengan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, terkait pembukaan kembali ibadah umrah bagi Indonesia.

Halaman
12
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved