Breaking News:

Virus Corona

Kepala Sekolah di Washington Buat Aturan Wajibkan Siswa Pakai Masker saat Makan

Seorang kepala sekolah di Washington mengumumkan siswanya harus memakai masker saat makan siang, termasuk ketika mengunyah, menelan dan berbicara.

YouTube/WION
ILUSTRASI makan di kantin sekolah menggunakan masker. Seorang kepala sekolah di Washington mengumumkan siswanya harus memakai masker saat makan siang, termasuk ketika mengunyah, menelan dan berbicara. 

TRIBUNWOW.COM - Seorang kepala sekolah di Sekolah Dasar (SD) yang terletak di negara bagian Washington, Amerika Serikat (AS) memberi tahu orangtua bahwa siswa harus mengenakan masker saat makan siang.

Kepala Sekolah Neil O’Brien dari Sekolah Dasar Geiger Montessori di distrik sekolah Tacoma, Washington mengumumkan hal itu melalui e-mail.

Neil O’Brien mengatakan kepada orangtua siswa tentang kebijakan protokol kesehatan Covid-19 baru sekolah itu pada pekan ini.

Masker kini menjadi barang penting di tengah pandemi. Bagi orang dewasa tentu sudah terbiasa menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, namun membiasakan diri kepada anak adalah tugas dari orang tua. Salah satu tips agar anak terbiasa mengenakan masker adalah memastikan anak tahu mengapa dia disarankan mengenakan masker, yang pada dasarnya untuk menjaga diri mereka sendiri dan orang lain agar tetap aman, pastikan masker nyaman dipakai oleh anak dan pilih motif yang sesuai dengan kesukaan anak misal gambar kartun atau tokoh idola.
ILUSTRASI anak memakai masker (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

Baca juga: Amerika Serikat akan Longgarkan Pembatasan Perjalanan untuk Turis Asing yang Telah Divaksinasi

Baca juga: Viral Kepala Sekolah Makan Sisa Makanan Siswa untuk Peringatkan Pemborosan, Tuai kritikan Warga

"Anak-anak harus memakai masker saat makan siang. Mereka dapat menurunkannya saat menggigit makanan atau minum, dan memakainya kembali saat mengunyah, menelan, atau berbicara,” lapor stasiun radio KTTH terkait isi e-mail yang dikirimkan kepada orangtua siswa, dikutip dari Fox News pada Rabu (22/9/2021).

Dalam e-mail itu, O’Brien mengatakan meskipun kafetaria sekolah memiliki ventilasi dan aliran udara yang baik, siswa tetap harus menerapkan aturan jaga jarak.

"Kita perlu memperlakukan waktu makan siang sebagai waktu yang berbahaya bagi semua orang,” katanya.

Namun, kebijakan itu tidak ditemukan dalam situs distrik sekolah Tacoma Public Schools yang hanya menyatakan bahwa siswa, staf dan pengunjung harus memakai masker ketika berada di dalam ruangan, kecuali saat makan.

Tacoma Public Schools mengungkapkan kebijakan Covid-19 di sekolah Geiger itu didasarkan pada interpretasi pedoman aturan pandemi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) serta Departemen Kesehatan negara bagian Washington, AS.

“Standar yang awalnya ditetapkan di Geiger dibentuk dengan niat baik sebagai interpretasi pedoman departemen kesehatan untuk memakai masker saat makan,” kata pernyataan yang dikeluarkan Tacoma Public Schools.

Namun, CDC tidak menyebutkan keharusan penggunaan masker saat makan siang, kecuali saat siswa mengambil makanan.

Sehingga, aturan yang diterapkan di Sekolah Dasar Geiger Montessori dikatakan telah melampaui niat CDC terkait kebijakan protokol kesehatan Covid-19 di negara bagian AS itu.

“Dalam pemeriksaan dengan departemen kesehatan, standar itu melampaui niat mereka. Kami tidak akan mendisiplinkan siswa yang tidak memakai masker saat makan,” ungkap Tacoma Public Schools.

Baca juga: Bayinya Punya Gangguan Kekebalan, Pasangan di Texas Diusir dari Restoran karena Pakai Masker

Baca juga: Diminta Pakai Masker, Pelanggan Justru Tembak Mati Seorang Kasir, Ini Kronologinya

Tidak ada sekolah lain di distrik itu yang meminta siswa memakai masker saat makan.

Salah satu orang tua mengeluh kepada KTTH dan mengatakan aturan itu gila, dikutip dari Russian Today.

Sekolah Geiger Montessori di Tacoma itu kemudian membatalkan kebijakannya karena banyaknya kritik yang masuk.

Adanya penyebaran virus Covid-19 varian delta membuat CDC dan American Academy of Pediatrics telah menyarankan setiap orang di sekolah memakai masker sebagai komunitas dengan risiko penularan tinggi, menjelang tahun ajaran baru.

Negara bagian Washington termasuk di antara beberapa negara bagian lainnya di AS, termasuk California, Louisiana, New Jersey, dan Oregon yang mewajibkan semua siswa dan guru untuk mengenakan masker terlepas dari status vaksinasi.

Sebelumnya, data CDC menunjukkan anak-anak berusia 15 tahun ke bawah memiliki tingkat infeksi rendah, pada Januari lalu.

Namun, pada Agustus, anak-anak usia sekolah dikatakan memiliki tingkat infeksi yang lebih tinggi daripada orang dewasa berusia 50 tahun ke atas. (TribunWow.com/Alma Dyani P)

Berita terkait Amerika Serikat lainnya

ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved