Breaking News:

Terkini Internasional

Muncul di Parade Militer Korea Utara, Lihat Beda Penampilan Terbaru Kim Jong Un yang Jadi Sorotan

Kim Jong Un menarik perhatian setelah tampil ramping dan ceria pada parade perayaan hari ulang tahun Korea Utara.

YouTube/Arirang News
Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un. Kim Jong Un terlihat bersemangat dalam parade perayaan hari ulang tahun negara pada Kamis (9/9/2021). 

TRIBUNWOW.COM - Penampilan Kim Jong Un tampak ramping mengenakan setelan abu-abu pucat dan dasi putih mengkilap untuk acara perayaan ulang tahun ke-73 Korea Utara pada Kamis (9/9/2021), menjadi sorotan dunia.

Dalam parade yang menampilkan anggota militer berpakaian hazmat oranye dan masker gas, Kim Jong Un tidak memberikan pidato serta rudal balistik juga tidak dipamerkan.

Dilansir dari The New York Post, Kim Jong Un telah menjadi berita utama dalam beberapa pekan terakhir karena lingkar pinggangnya yang menyusut.

Kim Jong Un terlihat antusias saat mengobrol dengan sejumlah pejabat pada parade militer Korea Utara pada Kamis (9/9/2021).
Kim Jong Un terlihat antusias saat mengobrol dengan sejumlah pejabat pada parade militer Korea Utara pada Kamis (9/9/2021). (YouTube/Arirang News)

Baca juga: Korea Utara Gelar Parade Perayaan Hari Nasional, Militer Pakai Hazmat dan Tak Pamerkan Senjata Baru

Baca juga: Menderita selama 40 Tahun di Korea Utara, Warga Jepang Tuntut Kim Jong Un

Saat parade, Kim Jong Un terlihat bersemangat dan mencium anak-anak yang memberinya bunga.

Dia melambaikan tangan kepada orang-orang dengan senyum lebar sebelum mengambil tempatnya di balkon yang menghadap ke Kim Il Sung Square, tempat yang dinamai sesuai nama kakeknya, pendiri Korea Utara pada 1948.

“Sungguh mengejutkan betapa Kim Jong Un terlihat lebih sehat di foto-foto ini dari kemarin,” tulis jurnalis dan peneliti yang berfokus pada Korea Utara, Martyn Williams melalui akun Twitternya @martyn_williams.

Badan Intelijen Nasional Korea Selatan memperkirakan bahwa Kim Jong Un telah kehilangan berat badan hingga 20 kilogram.

Hal itu sempat memicu spekulasi baru tentang kesehatan pemimpin Korea Utara yang awalnya memiliki berat sekitar 139 kilogram itu.

Pada parade tersebut, Kim Jong Un juga tampak memberi penghormatan kepada kakeknya dengan potongan rambut yang mirip dengan gaya rambut Kim Il Sung sekitar 70 tahun lalu, dilansir dari Bloomberg pada Kamis (9/9/2021).

Media pemerintah sempat mengutip seorang warga yang mengatakan penduduk Korea Utara menangis karena melihat Kim Jong Un tampil lebih kurus pada Juni 2021.

Kim Jong Un diketahui kembali muncul di publik dengan perawakan yang jauh lebih kurus setelah absen hampir sepanjang Mei.

Kim Jong Un juga sudah terlihat kurus dalam foto perayaan Hari Pemuda di Korea Utara pada Agustus lalu.

Foto dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA), memperlihatkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (dua kanan) menghadiri upacara peresmian pabrik pupuk di Provinsi Pyongan Selatan, Korea Utara, Jumat (1/5/2020). Ini menjadi kemunculan pertama Kim Jong Un setelah dikabarkan terakhir tampak pada 12 April lalu dan sempat dispekulasikan telah meninggal dunia.
Foto dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA), memperlihatkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (dua kanan) menghadiri upacara peresmian pabrik pupuk di Provinsi Pyongan Selatan, Korea Utara, Jumat (1/5/2020). Ini menjadi kemunculan pertama Kim Jong Un setelah dikabarkan terakhir tampak pada 12 April lalu dan sempat dispekulasikan telah meninggal dunia. (AFP/KOREAN CENTRAL NEWS AGENCY V)

Dikutip dari Daily Mail, pria berusia 37 tahun itu mengenakan jaket putih longgar yang memperlihatkan perubahan bentuk badannya yang lebih ramping dalam kesempatan itu.

Spekulasi tentang kesehatan Kim Jong Un telah memaksa pemerintah untuk melarang gosip tentang berat badannya.

Dalam upaya untuk meredam desas-desus, aparat telah mengatakan kepada media pemerintah bahwa Kim Jong Un makan lebih sedikit demi negara.

Korea Utara memang sedang mengalami krisis pangan terburuk negara dalam lebih dari satu dekade ini.

Kim Jong Un juga dikatakan dalam kondisi kesehatan yang baik.

Baca juga: Militer Korea Selatan Pantau Korea Utara Jelang Parade Militer Perayaan Hari Nasional

Baca juga: China Rencanakan Pertemuan dengan Korea Selatan, Bicarakan Hubungan Diplomatik dan Korea Utara

Pihak lain mengklaim bahwa pandemi Covid-19 membuat Kim Jong Un harus mengurangi berat badan beberapa kilogram.

Kesehatan Kim Jong Un telah lama diawasi secara internasional karena akan berhubungan dengan suksesi dan stabilitas pemerintahan di Korea Utara.

Dikenal sebagai peminum berat dan perokok, keluarganya juga memiliki riwayat penyakit jantung.

Halaman
12
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved