Breaking News:

Konflik di Afghanistan

Akhirnya Muncul di Publik untuk Pertama Kali, Ini Sosok Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid akhirnya pertama kali muncul di publik dalam konferensi pers setelah mengambil alih Afghanistan. Siapa dia?

Hoshang Hashimi / AFP
Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid (kiri) memberi isyarat saat dia berbicara selama konferensi pers pertama di Kabul pada 17 Agustus 2021 setelah pengambilalihan Afghanistan yang menakjubkan oleh Taliban. 

TRIBUNWOW.COM - Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid akhirnya pertama kali muncul di publik dalam konferensi pers setelah mengambil alih Afghanistan, Selasa (17/8/2021).

Dalam konferensi pers bersejarah itu, Zabihullah Mujahid menjawab berbagai pertanyaan dari wartawan.

Bagi sebagain besar wartawan yang hadir, sosok asli Mujahid belum pernah dilihat, terkadang hanya suara diujung telepon.

Baca juga: India Mengevakuasi 170 Warganya dari Afganistan dengan Pesawat Angkatan Udara, Termasuk Duta Besar

Dalam konferensi pers pada Selasa itu, Mujahid berusaha memberikan nada perdamaian, mengatakan kepada wartawan, "Kami tidak menginginkan musuh internal atau eksternal".

Ia berbicara sambil duduk di kursi yang biasanya digunakan oleh Dawa Khan Menpal, direktur media dan pusat informasi pemeirntah Afghanistan, yang dibunuh oleh Taliban pada awal Agustus.

Mujahid mengaku bertanggung jawab pada saat dibunuhnya Menpal dan mengatakan Menpal "tewas dalam serangan khusus".

Seorang jurnalis BBC, Yalda Hakim, yang sudah 20 tahun meliput perang Afghanistan dan belum lama ini telah dihubungi oleh juru bicara Taliban Suhail Shaheen dalam siaran langsung, tidak yakin dengan pernyataan Mujahid.

"Selama bertahun-tahun dia telah mengirimkan pernyataan haus darah dan sekarang dia tiba-tiba cinta damai? Sulit untuk berdamai," ujar Hakim, seperti yang dilansir dari BBC pada Rabu (18/8/2021).

Baca juga: Kondisi Afganistan setelah Taliban Mengambil Alih Pemerintahan, Warga: Saya Berharap Pergi

Banyak wartawan lain mengunggah tweet tentang kesan mereka melihat Mujahid, termasuk jurnalis veteran BBC, John Simpson, yang menyebutnya "pria yang relatif moderat dan menyenangkan".

"Saya tahu juru bicara Taliban pada konferensi pers hari ini di Kabul selama bertahun-tahun. Zabihullah Mujahid adalah orang yang relatif moderat dan menyenangkan. Tapi, dia berusaha menenangkan ketakutan dunia, dan dia hanya berbicara untuk satu bagian dari gerakan Taliban," ujar Simpson.

Sementara, Sharif Hassan, wartawan New York Times di Kabul mengatakan di Twitter bahwa Mujahid terkesan lebih responsif dan aktif, bahkan dari pada seluruh tim juru bicara Ashraf Ghani selama lebih dari satu dekade.

Hassan sudah mengenalnya melalui pesan elektronik, tanpa pernah bertemu langsung.

Namun, selama bertahun-tahun ada spekulasi bahwa juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid lebih dari satu orang.

Lyse Doucet, kepala koresponden internasional BBC mengatakan spekulasi itu sudah muncul sejak media sosial belum berkembang, ketika wartawan masih menghubunginya melalui sambungan telpon rumah.

Baca juga: Warga Cegat Pesawat demi Kabur dari Taliban, Eks Persib Farshad Noor Perlihatkan Kondisi Afghanistan

Beberapa orang berpendapat bahwa pria yang duduk dalam konferensi pers telalu muda sebagai orang yang telah lama mereka hubungi untuk mengajukan pertanyaan selama bertahun-tahun.

"Ada spekulasi selama bertahun-tahun bahwa itu (Zabihullah Mujahid) adalah nama yang dibuat-buat, ada banyak "Zabihullah Mujahid". Sekarang, semua orang tentu menerima ini adalah Zabihullah Mujahid. Namun, mungkin bukan dia?" ucap Doucet.

Hakim mengatakan misteri itu semua adalah bagian dari pedoman Taliban.

"Begitulah Taliban, mereka terorganisir dan ideologis, tidak ada yang dilakukan secara kebetulan. Untuk menciptakan misteri satu orang, tiba-tiba dia muncul di layar (konferensi pers)," ungkap Hakim.

Terlepas dari apakah Mujahid adalah satu orang atau bukan, Hakim mengatakan dia waspada dengan kata-katanya pada Selasa (17/8/2021), meskipun dia berusaha tampil meyakinkan.

"Peringatannya benar-benar hukum syariah yang membuat saya merinding," katanya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved