Breaking News:

Virus Corona

Lakukan Isolasi Mandiri dengan Baik, Simak Anjuran dan Larangan bagi Pasien Covid-19 saat Isoman

Isolasi mandiri dapat dilakukan oleh pasien Covid-19 dengan tingkat gejala ringana atau mereka yang tidak memiliki gejala.

FREEPIK via Kompas.com
Ilustrasi isolasi mandiri karena terinfeksi Covid-19. Lakukan Isolasi Mandiri dengan Baik, Simak Anjuran dan Larangan bagi Pasien Covid-19 saat Isoman 

TRIBUNWOW.COM - Isolasi mandiri dapat dilakukan oleh pasien Covid-19 dengan tingkat gejala ringana atau mereka yang tidak memiliki gejala.

Sedangkan untuk pasien Covid-19 dengan gejala sedang atau berat dianjurkan untuk mendapat penanganan medis di rumah sakit.

Biasanya, pasien bergejala ringan memang hanya membutuhkan isolasi mandiri tanpa perlu mendapatkan penanganan mendis untuk bisa sembuh.

Baca juga: Apakah Vaksin Sinovac Tetap Bisa Tangkal Covid-19 Varian Delta? Ini Jawaban Wiku Adisasmito

Baca juga: Kenali Reinfeksi Covid-19, Pasien Sembuh atau Selesai Isolasi Mandiri Bisa Kembali Terinfeksi

Meski begitu, perlu diperhatikan juga ketika isolasi mandiri di rumah.

Terdapat beberapa anjuran atau pedoman serta larangan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI agar masa isolasi bisa tetap berjalan aman.

Melansir Instagram @kemenkes_ri, Selasa (6/7/2021) berikut anjuran dan larangan dari Kemenkes untuk pasien Covid-19 saat melakukan isolasi mandiri di rumah:

Baca juga: Pasien Covid-19 seusai Isolasi Mandiri Harus Tes Swab? Ini Jawaban Kompak Erlina Burhan dan dr Tirta

Anjuran:

- Pastikan untuk lapor RT, RW ataupun tetangga agar ikut membantu memantau kesehatan.

- Konsultasikan kondisi tubuhmu dan obat yang harus dikonsumsi kepada petugas di Puskesmas atau tenaga kesehatan lainnya.

- Jika mengalami demam, nyeri otot, atau sakit kepala minumlah parasetamol. Dosis orang dewasa biasanya 1 sampai 2 tablet 500 mg, atau 1 tablet 650 mg yang dikonsumsi maksimal 4 kali dalam 24 jam.

Halaman
12
Ikuti kami di
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
Editor: Elfan Fajar Nugroho
Sumber: Grid.ID
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved