Breaking News:

Virus Corona

Pasien Covid-19 Gejala Ringan Tak Perlu Dirawat di RS, Menkes Budi: Masyarakat Tidak Usah Panik

Menkes Budi menjelaskan tak perlu bagi pasien Covid-19 bergejala ringan untuk menjalani perawatan di rumah sakit.

Penulis: anung aulia malik
Editor: Rekarinta Vintoko
Tribunnews/Jeprima
Satgas Covid-19 memberikan makanan kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri? di kawasan Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (25/5/2021). Kini sebanyak 104 warga di daerah tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan tes usap massal terhadap 686 warga. Klaster penyebaran Covid-19 ini muncul pasca lebaran yakni 13-14 Mei 2021. Warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani karantina mikro seluruh fasilitas umum, seperti masjid dan mushala, ditutup. Warga dilarang meninggal 

TRIBUNWOW.COM - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyatakan tak perlu bagi pasien Covid-19 bergejala ringan untuk menjalani perawatan di rumah sakit.

Budi menyatakan, bagi pasien Covid-19 bergejala ringan cukup melakukan isolasi mandiri di rumah.

Dikutip dari Kompas.com, pasien yang bergejala ringan memiliki ciri positif Covid-19 namun tak sakit atau sakit ringan.

dr. Irandi Putra Pratomo memperlihatkan langsung seperti apa isi dari ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Rumah Sakit Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat. Ditampilkan di acara Mata Najwa, Rabu (23/6/2021). Terbaru, ilustrasi IGD pasien Covid-19.
dr. Irandi Putra Pratomo memperlihatkan langsung seperti apa isi dari ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Rumah Sakit Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat. Ditampilkan di acara Mata Najwa, Rabu (23/6/2021). Terbaru, ilustrasi IGD pasien Covid-19. (YouTube Najwa Shihab)

Baca juga: Kabar Baik, Luhut Umumkan Pemerintah akan Kirim Bansos Lagi: Jangan sampai Rakyat Menderita

Baca juga: PPKM Darurat, Luhut Umumkan Masjid hingga Mal Ditutup Sementara 3-20 Juli 2021

Budi menyampaikan, pada wilayah yang rumah sakitnya sudah menampung banyak pasien Covid, maka warga yang dirawat di RS adalah mereka yang bergejala sedang hingga berat.

"Kita ingin memastikan bahwa yang masuk ke rumah sakit adalah orang-orang yang memang harus dirawat di rumah sakit," ujar Budi, dalam konpers, Kamis (1/7/2021).

"Jadi masyarakat tidak usah panik."

Budi menjelaskan jika pasien Covid tidak mengalami gejala sesak napas, saturasi oksigen normal di atas 95 persen hingga tidak memiliki komorbid maka cukup dirawat di rumah.

"Atau dirawat di isolasi terpusat seperti di rumah sakit," ujar Budi.

Ia mengatakan, jika pasien bergejala ringan dirawat di rumah sakit justru akan berbahaya karena terpapar oleh intensitas virus yang tinggi.

"Biarkan rumah sakit dipakai untuk tempat orang-orang ynag memang harus dirawat, sudah masuk kategori sedang ataupun berat," ujar Budi.

Halaman
123
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved