Breaking News:

Euro 2020

Pertama Kali EURO 2020 akan Terapkan Teknologi VAR, Simak Penjelasan dan Cara Kerjanya

Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) telah mengkonfirmasi penggunaan Video Assistant Referee (VAR) pada Euro 2020 yang akan berlangsung Sabtu (12/6/2021)

The Sun
Wasit memisah cekcok antara staf Swedia dan staf Jerman, UEFA mengkonfirmasi penggunaan VAR dalam setiap pertandingan di Euro 2020, Kamis (10/6/2021). 

TRIBUNWOW.COM - Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) telah mengkonfirmasi penggunaan Video Assistant Referee (VAR) pada Euro 2020.

Berarti total 51 pertandingan akan diawasi oleh asisten wasit yang berada di depan layar.

EURO 2020 akan berlangsung Sabtu (12/6/2021) pukul 02.00 WIB yang mempertemukan Turki Vs Italia.

Baca juga: Jadwal dan Link Live Streaming EURO 2020 Italia Vs Turki, Tonton di RCTI dan Mola TV

Baca juga: EURO 2020: Roberto Mancini Tulis Surat Terbuka untuk Negaranya, Beberapa Jam Jelang Turki Vs Italia

VAR diperkenalkan ke sepak bola internasional pada seluruh pertandingan di Piala Dunia 2018 di Rusia dan membawa banyak kontroversi saat itu. 

karena perannya dalam membawa juara bertahan Jerman pulang di babak penyisihan grup, serta membantu Spanyol mengalahkan Maroko. 

UEFA sendiri mulai menggunakan VAR sejak 2019 dan diperkenalkan secara bertahap.

Dari laman resmi UEFA yaitu uefa.com diketahui penggunaan VAR selama ini telah memeriksa total 455 insiden untuk membantu memberikan 29 penalti, terbanyak di kompetisi internasional mana pun.

Pada briefing pra-turnamen, ketua Komite Wasit UEFA, Roberto Rosetti,mengatakan mengapa VAR akan sangat penting dalam mendukung wasit dan memungkinkan mengkoreksi keputusan yang diambil di lapangan selama turnamen.

"Tujuannya adalah bahwa VAR hanya boleh melakukan intervensi ketika wasit membuat kesalahan yang jelas dan nyata, atau dalam kasus insiden serius yang terlewatkan," ujarnya.

"Wasit tetap menjadi pusat proses pengambilan keputusan, tetapi peran VAR dipandang penting dalam mencegah kesalahan yang dapat berdampak penting pada pertandingan."

Halaman
1234
Ikuti kami di
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
Penulis: Afzal Nur Iman
Editor: Elfan Fajar Nugroho
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved