Breaking News:

Bulu Tangkis

Dukung Usulan Pengubahan Skor 5 Game 11 Poin, Badminton Europe Siap Gabung dengan 5 Asosiasi Lainnya

Badminton Europe bersama 5 asosiasi lainnya dukung usulan pengubahan skor pada turnamen Badminton, yang semula 3 game 21 poin menjadi 5 game 11 poin.

Tribunnews/JEPRIMA
Ilustrasi - Pebulutangkis Anthony Sinisuka Ginting saat melawan wakil Denmark Viktor Axelsen pada babak semi final Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (18/1/2020). Anthony Ginting melaju mulus ke final indonesia Masters 2020 usai mengalahkan Vixtor Axelsen dua gim dengan skor 22-20 dan 21-11. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNWOW.COM - Usulan pengubahan skor pada cabang olahraga Bulutangkis yang diusulkan oleh Asosiasi Bulutangkis Indonesia dan Maladewa kembali mendapatkan dukungan dari Badminton Europe, setelah sebelumnya telah didukung oleh Asosiasi Bulutangkis Korea, China Taipei, dan Badminton Asia.

Dilansir laman Instagram @badmintalk, usulan pengubahan skor pada turnamen bulutangkis yang diusulkan oleh Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) dan Asosiasi Bulutangkis Maladewa.

Keduanya menawarkan konsep usulan pengubahan skor pada ajang bulutangkis dari yang semula sistem reli 21 poin dalam tiga set menjadi 5 set 11 poin.

Jika sebelumnya terdapat hasil imbang di dua set awal, maka akan dilanjutkan dengan set penentuan di set ketiga.

Usulan perubahan skor yang disetujui BWF pada Postingan Instagram @badmintaalk_com pada 19 Mei 2020.
Usulan perubahan skor yang disetujui BWF pada Postingan Instagram @badmintaalk_com pada 19 Mei 2020. (Instagram @badmintaalk_com)

Baca juga: Update Peringkat BWF, Pebulutangkis Anthony Sinisuka Ginting Capai Peringkat Tertinggi Kariernya

Baca juga: Chandra Bakti Ungkap Eks Menpora Imam Nahrawi Minta Honor Satlak Prima di Lapangan Bulutangkis

Di usulan perubahan terbaru ini, para atlet kontingen bulu tangkis hanya perlu mencapai 11 poin yang dimainkan dengan 5 set.

Namun, jika sang atlet berhasil memenangkan secara 3 kali set, maka kemenangan otomatis akan jatuh pada atlet tersebut.

Mengingat skor maksimal yang bisa dikejar ialah sebanyak 5 set.

Penentuan aturan skor baru akan ditindaklanjuti pada saat BWF AGM yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2021.

BWF AGM merupakan forum pertemuan pembahasan terkait aturan maupun sistem yang akan digunakan pada turnamen bulu tangkis yang langsung dibahas oleh Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF (Badminton World Federation).

Pada forum tersebut nantinya akan dilakukan pemungutan suara yang akan dilakukan oleh semua anggota federasi bulutangkis dunia.

Usulan tersebut  juga telah diterima dan ditanggapi oleh Presiden BWF, Poul-Erik Høyer.

Poul-Erik Høyer mengatakan sistem tersebut akan banyak menghibur dan mempunyai daya tarik tersendiri ketika diterapkan.

“Perubahan sistem poin 5x11 yang diusulkan adalah bagian dari visi saya untuk menjadikan bulutangkis lebih menarik dan meningkatkan nilai hiburan bagi pemangku kepentingan dan penggemar,” ujar Presiden BWF, Poul-Erik Høyer yang dikutip dari situs resminya, bwfbadminton.com.

“Terakhir kali topik ini diajukan, hal itu beresonansi dengan bagian penting dari Keanggotaan kami dengan keputusan yang sempit. Kami mengakui waktunya tidak tepat saat itu, tetapi saya senang melihat ini kembali didorong oleh Keanggotaan,” sambung Poul.

Halaman
123
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved