Breaking News:

Terkini Nasional

Nasib Kasus Besar yang Masih Diselidiki Novel Baswedan dkk, Harus Diserahkan ke Atasan di KPK

Novel Baswedan merasa kinerjanya di KPK kini menjadi terbatas seusai terbitnya SK penonaktifan dirinya dan 74 pegawai KPK lain.

Kolase (Capture YouTube Najwa Shihab) dan (Instagram/@official.KPK)
Berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan KPK Firli Bahuri Nomor 652 Tahun 2021, seluruh kasus yang sedang ditangani oleh 75 pegawai KPK yang tak lolos tes TWK, kini wajib diserahkan kepada atasan mereka. 

TRIBUNWOW.COM - Bermula dari tak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan serta 74 pegawai KPK lainnya kini dinonaktifkan.

Dampak dari penonaktifan itu adalah, ke-75 pegawai yang bersangkutan harus menyerahkan kasus yang tengah mereka selidiki kepada atasan mereka di KPK.

Lewat akun Twitter-nya Novel menyatakan saat ini ada beberapa kasus besar yang tengah diselidiki oleh ke-75 pegawai tersebut.

Cuitan Penyidik Senior KPK Novel Baswedan lewat akun Twitter/@nazaqistsha, Selasa (11/5/2021). Novel mengungkapkan ada kasus-kasus besar yang lagi ditangani oleh sejumlah pegawai KPK yang tak lolos tes TWK.
Cuitan Penyidik Senior KPK Novel Baswedan lewat akun Twitter/@nazaqistsha, Selasa (11/5/2021). Novel mengungkapkan ada kasus-kasus besar yang lagi ditangani oleh sejumlah pegawai KPK yang tak lolos tes TWK. (Twitter/@nazaqistsha)

Baca juga: Kini Dinonaktifkan dari KPK, Novel Ungkit Dulu Terima Penghargaan: Apa Enggak Aneh

Dikutip TribunWow.com, hal itu disampaikan oleh Novel lewat cuitan akun Twitter-nya, @nazaqistsha, Selasa (11/5/2021).

Novel menyebut, ke-75 pegawai KPK termasuk dirinya kini disingkarkan menggunakan SK penonaktifan.

Ia juga menyatakan ada beberapa pegawai yang sedang menyelidiki kasus-kasus besar.

Berikut cuitan lengkap yang ditulis oleh Novel:

"Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), bukan tes kompetensi atau tes utk seleksi.

Dlm UU 19/2019 dan Putusan MK jelaskan peg KPK mjd ASN hanya bersifat peralihan yg tdk boleh merugikan pegawai KPK.

Tp digunakan utk singkirkan 75 peg, bbrp sdg tangani kasus besar."

Keputusan menyerahkan tugas kepada atasan tertera dalam poin kedua dalam Surat Keputusan Pimpinan KPK Nomor 652 Tahun 2021.

Poin kedua tersebut memerintahkan kepada pegawai sebagaimana dimaksud pada diktum kesatu agar menyerahkan tugas dan tanggung jawab kepada atasan langsungnya sambil menunggu keputusan lebih lanjut.

Dikutip dari Tribunnews.com, Novel merasa aneh karena tes TWK seharusnya tidak memengaruhi kinerja para pegawai KPK yang tidak lolos.

"Maksudnya, tujuannya apa tidak boleh menangani perkara, itu sebenarnya tidak ada korelasi tuh," kata Novel lewat keterangan tertulis, Selasa (11/5/2021).

Halaman
12
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved