Breaking News:

Teroris Serang Mabes Polri

Sosok Muchsin Kamal, Penjual Senjata Online ke ZA: Eks Teroris yang Anti-ISIS dan Pebisnis Sukses

Pengamat terorisme Al Chaidar Abdurrahman Puteh mengungkapkan sosok Muchsin Kamal (MK) alias Imam Muda yang diketahui menjual senjata.

YouTube Kompastv
Muchsin Kamal alias Imam Muda (kiri), pria yang menjual senjata airgun kepada ZA (kanan) yang kemudian digunakan oleh ZA untuk menyerang Gedung Mabes Polri. 

TRIBUNWOW.COM - Pengamat terorisme Al Chaidar Abdurrahman Puteh mengungkapkan sosok Muchsin Kamal (MK) alias Imam Muda yang diketahui menjual senjata secara daring (online).

Dilansir TribunWow.com, MK merupakan sosok penjual senjata kepada Zakiah Aini alias ZA (26), pelaku penyerangan terhadap Mabes Polri, Jakarta pada Rabu (31/3/2021).

MK kemudian ditangkap pada Kamis (1/4/2021) di Syiah Kuala, Banda Aceh.

Kolase foto penjual senjata Muchsin Kamal alias Imam Muda dan pengamat dari Departemen Antropologi, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe Al Chaidar Abdurrahman Puteh.
Kolase foto penjual senjata Muchsin Kamal alias Imam Muda dan pengamat dari Departemen Antropologi, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe Al Chaidar Abdurrahman Puteh. (Capture YouTube Kompas TV/Tribunnews.com/Istimewa)

Baca juga: Rekam Jejak Penjual Senjata ke Penyerang Mabes Polri, Sempat 2 Hari Ikut Latihan Teroris

Al Chaidar mengaku mengenal sosok MK tersebut.

Ia menyebut MK memiliki beberapa bisnis layaknya warga Pidie, Aceh pada umumnya.

"Seperti kebiasaan pedagang di wilayah Pidie yang taat beragama dan rasional dalam mengelola bisnis, dia sangat sukses dalam berbagai bisnis, perkebunan sawit, dagang airgun, jual beli bedil angin, dan perkebunan alpukat," tutur Al Chaidar, dikutip dari Tribunnews.com, Minggu (4/4/2021).

Ia menyebut MK tidak tahu senjata yang dibeli ZA darinya digunakan untuk menyerang Mabes Polri.

Diketahui MK merupakan mantan teroris yang kini telah bertobat, serta tidak setuju dengan pandangan kelompok militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

ZA diduga terpengaruh pandangan ISIS dalam melakukan teror.

"Sebelum penangkapan kemarin sempat komunikasi beberapa rekannya, dan mereka berani menjamin MK tidak tahu menahu dengan aksi lone wolf  Zakiah Aini di Mabes Polri Jakarta," kata Al Chaidar.

Halaman
1234
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved