Breaking News:

Kabar Ibu Kota

Risma Lampaui Anies dalam Survei Terbaru Elektabilitas Calon Gubernur DKI, Lihat Selisihnya

Nama Menteri Sosial Tri Rismaharini menempati puncak teratas sebagai kandidat kuat calon gubernur DKI.

Editor: Lailatun Niqmah
Kemensos.go.id
Menteri Sosial Tri Rismaharini di Jakarta (29/12/2020). Nama Menteri Sosial Tri Rismaharini menempati puncak teratas sebagai kandidat kuat calon gubernur DKI. 

TRIBUNWOW.COM - Lembaga survei Nusantara Strategic Network (NSN) telah merilis hasil survei mereka terkait elektabilitas para tokoh dalam Pilkada DKI Jakarta mendatang.

Nama Menteri Sosial Tri Rismaharini menempati puncak teratas sebagai kandidat kuat calon gubernur DKI.

Hasil ini cukup mengejutkan, lantaran hasil itu melampaui perolehan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang saat ini masih menjabat.

Baca juga: Perpres Investasi Miras Dicabut, PAN: Pak Anies Baswedan Harus Bisa Tegas seperti Pak Jokowi

Selisih elektabilitas kedua tokoh itu sebesar 2,2 persen.

“Dua calon gubernur DKI Jakarta bersaing ketat, di mana Risma pada posisi teratas, sedangkan Anies sebagai incumbent lemah,” kata Direktur Program NSN Riandi di Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Elektabilitas Risma mencapai 34,0 persen, sementara Anies tertinggal yakni sebesar 32,8 persen.

Popularitas Risma sudah sangat melekat di kalangan publik ketika memimpin kota Surabaya.

Koresponden yang memilih Risma berharap, Menteri Sosial ini mampu membenahi ibu kota seperti suksesnya memimpin Surabaya.

“Hadirnya Risma di Jakarta memberi angin segar bagi warga Jakarta, menjadi figur alternatif yang diharapkan dapat memperbaiki ibukota sebagaimana yang telah dilakukan Risma di Surabaya,” kata Riandi.

a
Nusantara Strategic Network (NSN) merilis hasil survei elektabilitas calon gubernur DKI Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Dua figur tersebut jauh mengungguli nama-nama yang lain.

Sisa-sisa Pilkada DKI Jakarta 2017 masih terasa, di mana Sandiaga Uno yang saat itu berpasangan dengan Anies dan sempat maju cawapres pada Pilpres 2019 kini meraih elektabilitas 4,8 persen.

Demikian pula dengan ketua umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang maju pada putaran pertama Pilkada DKI 2017.

Digadang-gadang sebagai capres masa depan, AHY tampaknya masih harus berjuang lebih keras, mengingat elektabilitasnya sebagai cagub DKI pun hanya 3,3 persen.

Sosok lainnya adalah politisi muda Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany Alatas (2,8 persen), wakil gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (2,5 persen), dan bupati Tangerang yang juga ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar (2,3 persen).

Baca juga: Masuk Bursa Capres Hasil Survei LSI, Risma Tetap Fokus Kerja: Biar Tuhan yang Menilai

Lalu ada selebritis Raffi Ahmad (1,8 persen), Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Nasdem yang dikenal sebagai crazy rich Tanjung Priok, Ahmad Sahroni (1,5 persen), mantan cawagub dari PKS Nurmansjah Lubis (1,3 persen) dan Abraham Lunggana atau populer dengan julukan Haji Lulung (1,0 persen).

“Masih ada 9 nama lain yang belum terlalu berhasil menarik dukungan publik Jakarta, dengan hanya meraih elektabilitas di bawah 1 persen,” kata Riandi.

Selain itu masih ada 10,1 persen responden yang menyatakan tidak tahu/tidak menjawab.

Nusantara Strategic Network (NSN) melakukan survei pada 20-27 Februari 2021, secara tatap muka kepada 400 responden mewakili seluruh wilayah di DKI Jakarta.

Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error ±4,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Survei Elektabilitas Calon Gubernur DKI Jakarta: Risma Teratas Salip Anies

Sumber: Tribun Jakarta
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved