Breaking News:

Terkini Nasional

Cerita Cucu Jenderal dan Dalang Peristiwa G30S, Tak Mau Mewarisi Konflik hingga Kesal pada Negara

Para cucu jenderal maupun orang yang terlibat sejarah peristiwa 30 September 1965 memberikan pandangan lain soal peristiwa itu.

Editor: Tiffany Marantika Dewi
Bidik layar Youtube via Kompas.com
Adegan dalam film G30S/PKI. Para cucu jenderal maupun orang yang terlibat sejarah peristiwa 30 September 1965 memberikan pandangan lain soal peristiwa itu. 

TRIBUNWOW.COM - Para cucu jenderal maupun orang yang terlibat sejarah peristiwa 30 September 1965 memberikan pandangan lain soal peristiwa itu.

Generasi ketiga para jenderal maupun orang yang terilbat tersebut sama-sama mengatakan "tak mau mewarisi konflik".

Cucu-cucu Mayor Jenderal TNI Anumerta DI Pandjaitan, Sifra Panggabean, 30, dan Samuel Panggabean, 24, menceritakan pandangan mereka tentang insiden 55 tahun silam yang merenggut nyawa kakek mereka secara "kejam".

Di sisi lain, Fico Fachriza, cucu Murad Aidit—adik DN Aidit pemimpin Partai Komunis Indonesia (PKI)—yang beberapa kali disebut Fico sebagai 'elite PKI', memberikan pandangannya terkait peristiwa yang disebutnya sempat membuatnya "kesal pada negara".

Pemerintah Kaji Prioritas Pemberian Vaksin Covid-19, Bakal Disesuaikan dengan Kelompok Risiko

'Kenapa opa meninggal secara sadis?"

Sifra dan Samuel mulai mengetahui peristiwa 1965 saat usia mereka masih anak-anak karena keluarga besar yang kerap mengajak mereka ikut upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya pada tanggal 1 Oktober.

Mereka kemudian tahu bahwa kakek mereka, DI Pandjaitan, tewas ditembak dan kemudian diberi gelar sebagai Pahlawan Revolusi oleh pemerintah.

Sifra dan Samuel—anak Riri Pandjaitan, putri bungsu dari DI Pandjaitan—pun bertanya pada ibu mereka tentang peristiwa itu.

"Pertanyaannya, 'kenapa sih bisa terjadi?' 'Kenapa mesti seorang opa yang saya nggak kenal tapi.. meninggal secara sadis begitu?'

"'Kenapa dia mesti meninggal?' 'Kenapa dia mesti ditembak berkorban di tempat itu?' 'Untuk apa?'" papar Samuel, mengenang pertanyaan-pertanyaan yang dia ajukan kepada ibunya.

Sule Bongkar Fakta di Balik Awal Dekati Nathalie, Ingin Tuntun ke Arah Lebih Baik: Bisa Nggak Ya

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved