Terkini Nasional

Refly Harun Pertanyakan Peran Maruf Amin: Keep Silent, Apakah Chemistry dengan Jokowi Tidak Dapat?

Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun mempertanyakan peran dari Maruf Amin sebagai seorang wakil presiden.

Youtube Refly Harun/Kompas.com/Garry Lotulung
Kompilasi Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun (kiri) dan Wakil Presiden Maruf Amin (kanan). Refly Harun mempertanyakan peran dari Maruf Amin selama menjabat sebagai orang penting nomor dua di Indonesia. 

TRIBUNWOW.COM - Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun mempertanyakan peran dari Maruf Amin sebagai seorang wakil presiden Indonesia.

Terlebih saat ini kondisi di Tanah Air sedang mengalami krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi Virus Corona (Covid-19).

Dilansir TribunWow.com dalam tayangan Youtube Refly Harun, Kamis (13/8/2020), dirinya juga mempertanyakan kontribusi yang dilakukan atau diberikan oleh Maruf Amin setelah menjabat selama hampir 10 bulan sejak dilantik pada 20 Oktober 2019 lalu.

Calon Presiden Joko Widodo bersama Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin menemui relawan di Tugu Proklamasi, Jakarta, Jumat (21/9/2018). Capres dan Cawapres Joko Widodo dan Ma'ruf Amin menyempatkan menyapa relawan sebelum berangkat menuju gedung KPU RI untuk melakukan prosesi pengambilan nomor urut Pilpres 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Calon Presiden Joko Widodo bersama Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin menemui relawan di Tugu Proklamasi, Jakarta, Jumat (21/9/2018). Capres dan Cawapres Joko Widodo dan Ma'ruf Amin menyempatkan menyapa relawan sebelum berangkat menuju gedung KPU RI untuk melakukan prosesi pengambilan nomor urut Pilpres 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Tanggapi Isu Prabowo akan Gantikan Maruf Amin Jadi Wapres Jokowi, Refly Harun: Tidak Bisa Ujug-ujug

Menurutnya, hal itu tentunya tidak hanya dirasakan oleh dirinya sendiri, tetapi pastinya juga kebanyakan dari masyarakat Indonesia yang menunggu langkah maju dari Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.

"Ada satu yang menarik sesungguhnya dalam kondisi krisis seperti ini ada krisis finansial, krisis ekonomi, kita belum melihat sebenarnya apa kontribusi wakil presiden," ujar Refly Harun.

"Ya mohon maaf, karena paling tidak di publik kurang terlihat," katanya.

Refly Harun lantas membandingkan dengan para menteri yang kinerjanya dinilai lebih terlihat dari Maruf Amin yang notabene merupakan orang penting nomor dua di Indonesia.

Dirinya menyebut nama-nama menteri yang kinerjanya banyak terlihat, khususnya dalam menghadapi masalah Covid-19 adalah seperti misalnya Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Yang terlihat adalah peran para menteri yang cukup signifikan, ada Erick Thohir, ada Luhut Binsar Panjaitan, ada Airlangga Hartarto, bahkan ada Prabowo Subianto," ungkap Refly Harun.

"Sementara wakil presiden Maruf Amin keep silent," katanya.

Jika Prabowo Maju Lagi, Refly Harun Yakini akan Kembali Terjadi Head to Head di Pilpres 2024

Lebih lanjut, Refly Harun kemudian beranggapan bahwa Maruf Amin kemungkinan tidak mendapat chemistry dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Apakah karena chemistry-nya tidak dapat, ya kita tidak tahu," terangnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Elfan Fajar Nugroho
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved