Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG Hari Ini, Kamis 28 Mei: 7 Wilayah Waspada Gelombang Sangat Tinggi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah, Kamis (28/5/2020).

BMKG
Ilustrasi peringatan dini gelombang tinggi oleh BMKG.Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah, Kamis (28/5/2020). 

TRIBUNWOW.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memberikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah untuk Kamis (28/5/2020).

BMKG juga merilis gambaran peta potensi gelombang tinggi untuk beberapa daerah di Indonesia.

Dilansir TribunWow.com dari laman resmi BMKG, sejumlah wilayah seperti Banten hingga Maluku Utara berpotensi hujan lebat.

Disebut Sakit Hati karena Sering Kritik, Refly Harun Sindir Balik Buzzer: Dilayani, Habis Waktu

Sedangkan sebagian wilayah lain seperti Riau, Jawa Barat, hingga Bengkulu berpotensi hujan petir disertai angin kencang.

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem

BMKG mengungkapkan, daerah Daerah sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia barat Sumatera membentuk daerah konvergensi yang memanjang di pesisir barat Aceh hingga Sumatera Utara.

Sirkulasi siklonik lainnya terdapat di Kalimantan Barat bagian selatan yang membentuk konvergensi memanjang dari Bengkulu hinga Bangka, dari Jawa Timur hingga Jawa Barat bagian Utara dan dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Tengah.

Serta siklonik di Papua bagian barat yang membentuk pola kovergensi di sepanjang Papua.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi hujan di sekitar daerah siklonik dan sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Sumatera Utara, Riau, pesisir barat Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi Barat, Papua Barat dan Papua.

Disodori Nama Anies hingga Khofifah terkait Pilpres 2024, Refly Harun: Wah Ini yang Paling Cocok

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Lailatun Niqmah
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved