Idul Fitri 2020

Beri Tata Cara Salat Idul Fitri di Rumah, Ustaz Das'ad Latief: Mestinya Negara Hadir Memberi Pedoman

Tokoh agama Ustaz Das'ad Latief singgung pemerintah soal pedoman tata cara salat Idul Fitri di rumah.

YouTube iNews
Penceramah Ustaz Das'ad Latief saat tampil dalam iNews Siang, Sabtu (23/5/2020). Ustaz Das'ad singgung pemerintah yang seharusnya memberikan pedoman salat Idul Fitri di rumah, dan bukannya hanya mengeluarkan larangan salat Id berjamaah di luar. 

TRIBUNWOW.COM - Tokoh agama Ustaz Das'ad Latief singgung pemerintah soal pedoman tata cara salat Idul Fitri di rumah.

Pihaknya mengatakan seharusnya pemerintah memberikan tata cara salat, bukan hanya sekedar melarang salat Idul Fitri berjamaah.

Ia kemudian membeberkan tata cara salat Idul Fitri di rumah saja, agar masyarakat dapat menjalankan sesuai aturan pemerintah dan masih dapat mengambil pahala salat Id.

Ilustrasi salat. Sejumlah warga melaksanakan salat tarawih pertama Ramadhan 1441 H  di Masjid Jami Al Ma'wa, Karang Tengah, Tangerang, Banten, Kamis (23/4/2020). Usai Pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1441 H jatuh pada hari Jumat (24/4/2020), warga melakukan salat tarawih dengan menerapkan physical distancing cegah Covid-19. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi salat. Sejumlah warga melaksanakan salat tarawih pertama Ramadhan 1441 H di Masjid Jami Al Ma'wa, Karang Tengah, Tangerang, Banten, Kamis (23/4/2020). Usai Pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1441 H jatuh pada hari Jumat (24/4/2020), warga melakukan salat tarawih dengan menerapkan physical distancing cegah Covid-19. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Resmi Larang Warga Jakarta Takbiran Keliling, MUI dan DMI Instruksikan Takbir Dilaksanakan di Masjid

Dilansir iNews Siang, Sabtu (23/5/2020), Das'ad menyoroti kementerian agama yang tidak memberikan pedoman salat Idul Fitri pada masyarakat.

Sehingga masyarakat yang ingin menjalankan salat Idul Fitri di masa pandemi bisa mendapatkan informasi agar dapat beribadah secara benar.

"Mestinya kementerian agama hadir memberikan pedoman tata cara salat," ujar Das'ad.

"Disamping menganjurkan untuk tidak salat di masjid, semestinya negara hadir ini hlo cara nya kalau anda mau salat di masjid, Ini hlo tata caranya, ini hlo hukumnya," sambungnya.

Ia kemudian membeberkan bahwa tata cara salat Idul Fitri di rumah, tak ada perbedaan secara signifikan dengan salat berjamaah seperti tahun-tahun lalu.

"Tata cara salat di rumah aja, tidak ada perbedaan mendasar dengan salat di masjid atau lapangan, tidak ada perbedaan," kata Das'ad.

Ia lalu menerangkan bahwa apabila salat tersebut dilaksanakan di rumah masing-masing, maka diizinkan untuk menjalankannya berjamaah dengan anggota keluarga.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Noviana Primaresti
Editor: Mohamad Yoenus
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved