Terkini Nasional

Bahar bin Smith Ditangkap Seperti Teroris, Berikut Klarifikasi Pihak Kepolisian: Kita Hanya Mengawal

Pihak kepolisian membantah telah mengerahkan ratusan personel bersenjata lengkap hanya untuk menangkap tokoh agama Bahar bin Smith.

Kolase (Dokumentasi/Humas Ditjen Pemasyarakatan.) dan (Istimewa/TribunBogor)
Petugas tim gabungan menjemput Bahar bin Smith untuk membawanya ke Lapas Gunung Sindur (kiri), Selasa (19/5/2020) dan Bahar bin Smith bebas dari Lapas memakai baret merah (kanan), Sabtu (16/5/2020). 

TRIBUNWOW.COM - Pihak kepolisian membantah telah mengerahkan ratusan personel bersenjata lengkap hanya untuk menangkap tokoh agama Bahar bin Smith di Pondok Pesantren (ponpes) Tajul Alawiyyin, Kemang, Bogor, Jawa Barat.

Bahar bin Smith ditangkap kembali pada Selasa (19/5/2020) dini hari setelah sebelumnya sempat dibebaskan karena mendapat asimilasi.

Penangkapan tersebut dikatakan mengejutkan para santri karena Bahar bin Smith ditangkap layaknya teroris.

Petugas tim gabungan menjemput terpidana kasus penganiayaan, Bahar bin Smith untuk membawanya ke Lapas Lapas Kelas IIA Gunung Sindur, Selasa (19/5/2020).
Petugas tim gabungan menjemput terpidana kasus penganiayaan, Bahar bin Smith untuk membawanya ke Lapas Lapas Kelas IIA Gunung Sindur, Selasa (19/5/2020). ((Dokumentasi/Humas Ditjen Pemasyarakatan.))

Simpatisan Sambangi Lapas Paksa Bertemu Bahar bin Smith, Kuasa Hukum: Tadi Kita Sempat Dobrak Pintu

Dilansir Kompas.com, Kamis (21/5/2020), Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy menyebutkan bahwa penjemputan Bahar menggunakan Standar Operational Procedure (SOP) penangkapan teroris tidaklah benar.

"Yang menjemput bukan polisi tetapi Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM), jadi kita hanya mengawal staff Kemenkumham saja," kata AKBP Roland.

Informasi tersebut awalnya dibeberkan oleh seorang santri bernama Karim yang mengadang awak media saat akan meminta konfirmasi terkait penangkapan Bahar bin Smith tersebut.

Menurut santri tersebut, Bahar dijemput setelah sebelumnya sempat mengisi pengajian usai salat tarawih di Ponpes.

Bahar saat itu sedang istirahat selepas mengisi acara yang selesai pada pukul 21.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB sebelum akhirnya dijemput oleh petugas.

"Sudah selesai (tarawih) malam itu jadi kita pengajian semuanya dari jam 9 dan setelah itu Beliau istirahat sepulang ngaji," ujar Karim.

Berdasarkan penuturan Karim, Bahar dijemput oleh pasukan Brimob dari kepolisian.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Noviana Primaresti
Editor: Tiffany Marantika Dewi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved