Virus Corona

Polemik Mal Dibuka Sedangkan Masjid Ditutup, Mahfud MD: Saya Kira Itu Bukan Melanggar Hukum

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan mal termasuk dalam 11 sektor yang diperbolehkan untuk buka sesuai dengan Permenkes nomor 9 Tahun 2020.

Instagram@mohmahfudmd
Menko Polhukam Mahfud MD. Terbaru, Mahfud MD memberikan penjelasan mengenai larangan beribadah di masjid dan memperbolehkan mal buka, Selasa (19/5/2020). 

TRIBUNWOW.COM - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD buka suara soal pertanyaan yang kerap muncul di tengah masyarakat.

Pertanyaan tersebut mengenai sikap pemerintah yang memilih untuk membuka pusat perbelanjaan ketimbang masjid atau tempat ibadah lain.

Menurut Mahfud, keputusan itu merujuk pada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Mahfud MD Beri Jawaban soal Masjid yang Ditutup tapi Mall Tetap Buka, Singgung Kekecewaan MUI

Sampaikan Aturan soal Salat Idul Fitri di Masjid dan Lapangan, Mahfud MD: Larangan Mudik Tetap

Dilansir oleh Tribunnews.com, Mahfud mengatakan beribadah secara berkelompok di tempat ibadah akan menimbulkan kerumunan sehingga berpotensi menyebarkan Virus Corona.

"Tapi bedanya apa? kalau majelis ulama itu sifatnya fatwa, kalau kita menekankan bahwa menurut undang-undang dan Permenkes yang sekarang berlaku beribadah secara berkelompok dalam jamaah besar itu termasuk yang dilarang dalam rangka menjaga keselamatan dari penularan Covid-19," kata Mahfud, Selasa, (19/5/2020).

Sementara itu, Mahfud juga berujar mall atau pusat perbelanjaan termasuk dalam 11 sektor yang diperbolehkan beroperasi.

Kendati demikian, pihaknya juga akan melakukan tindakan tegas bagi mall yang tak mematuhi aturan protokol kesehatan.

"Misalnya Kenapa masjid ditutup, mal-mal itu kok dibuka? Saya kira yang dibuka itu bukan melanggar hukum, juga karena memang ada sektor atau 11 sektor tertentu yang oleh undang-undang boleh dibuka dengan protokol," jelas Mahfud.

"Tetapi yang melanggar seperti IKEA itu kan juga ditutup pada akhirnya, yang melanggar ya," katanya.

Minta Jokowi atau Mahfud MD Luruskan soal Transportasi, Agus Pambagio: Masyarakat Masih Tidak Paham

Mahfud MD: Kita Repot dan Kewalahan Menghadapi Covid-19

Terkait beroperasinya bandara menurut Mahfud, hal tersebut bertujuan untuk mengangkut orang-orang karena tugas dan pekerjaan yang menyangkut penanganan penyebaran Covid-19.

"Yang melanggar ketentuan itu juga ditindak yang tidak sesuai dengan aturan itu," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas sempat menyoroti tindakan pemerintah yang tak mengambil tindakan tegas terkait kerumunan orang di bandara dan juga pusat perbelanjaan.

Di satu sisi, pemerintah dengan tegas mencegah orang untuk berkumpul di masjid melaksanakan salat Jumat dan salat berjamaah.

"Yang menjadi pertanyaan mengapa pemerintah hanya tegas melarang orang untuk berkumpul di masjid, tapi tidak tegas dan tidak keras dalam menghadapi orang-orang yang berkumpul di pasar, mal, bandara, kantor dan pabrik?" kata Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mengapa Mall Tetap Buka Sementara Masjid Tidak? Ini Jawaban Mahfud MD

Ikuti kami di
Penulis: Fransisca Krisdianutami Mawaski
Editor: Lailatun Niqmah
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved