Terkini Nasional

Sebut Unit Masyarakat Paling Bawah Menjadi Kunci Pengendali Virus Corona, Jokowi: Ini Penting Sekali

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meminta pengendalian Virus Corona difokuskan ke unit masyarakat paling bawah, Senin (18/5/2020).

Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas mengenai percepatan penanganan Covid-19 di Instana Negara, Senin (18/5/2020) 

TRIBUNWOW.COM - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meminta pengendalian Virus Corona difokuskan ke unit masyarakat paling bawah, Senin (18/5/2020).

Jokowi menginstruksikan kepada jajarannya untuk menangani Virus Corona mulai dari tingkatan masyarakat terendah.

Sesuai laporan yang diterima dari pemerintah daerah, disebutkannya yang paling efektif untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 adalah dengan menguatkan gugus tugas yag bersinggungan langsung dengan masyarakat.

Hal ini disampaikan saat ia membuka rapat terbatas mengenai percepatan pengendalian Virus Corona yang dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta.

Dilansir YouTube Sektretariat Presiden, Senin (18/5/2020), Jokowi menyebutkan bahwa ia mendapatkan data laporan pengendalian Covid-19 dari tiap provinsi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas mengenai percepatan penanganan Covid-19 di Instana Negara, Senin (18/5/2020)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas mengenai percepatan penanganan Covid-19 di Instana Negara, Senin (18/5/2020) (Youtube Sekretariat Presiden)

 

New Normal sebagai Cara Hidup Baru Pasca-pandemi Virus Corona, Jokowi: Berkompromi dengan Covid

Tanggapan Ketua DPP Demokrat terkait Pernyataan Presiden Jokowi soal Berdamai dengan Virus Corona

Dri laporan yang dikumpulkan tersebut, di dapatlah kesimpulan bahwa pengendalian dari unit masyarakat paling bawah terbukti efektif.

"Laporan yang saya terima dari para Gubernur baik yang menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) maupun yang tidak menerapkan PSBB, memang kesimpulannya adalah yang paling efektif dalam pengendalian penyebaran Covid-19 ini adalah unit masyarakat yang paling bawah," ujar Jokowi.

Berdasarkan data tersebut, maka Jokowi memerintahkan kepada jajarannya untuk memperkuat gugus tugas di pelosok-pelosok daerah.

Ia meminta menteri terkait untuk menurunkan perintah tersebut kepada kepala daerah sehingga dapat mengimplementasikannya ke tingkat RT, RW, atau desa.

"Oleh sebab itu saya minta kepada menteri yang terkait dengan ini, saya minta seluruh kepala daerah untuk memperkuat gugus tugas di tingkat RT, RW atau desa," kata Jokowi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Noviana Primaresti
Editor: Ananda Putri Octaviani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved