Virus Corona

Penjelasan Dokter soal Berapa Lama Virus Corona Dapat Bertahan di Gadget: Bersihkan secara Berkala

Dokter Spesialis Anak RSPAD memberikan penjelasannya apakah Virus Corona dapat bertahan di gadget atau handphone.

TribunVideo/Radifan Setiawan
Ilustrasi Covid-19 atau Virus Corona 

TRIBUNWOW.COM - Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Dokter Nuvi Nusarintowati memberikan penjelasan apakah Virus Corona dapat bertahan di gadget atau handphone.

Dilansir TribunWow.com, hal itu disampaikan Dokter Nuvi Nusarintowati saat menjadi narasumber dalam program Sapa Indonesia Pagi yang diunggah di kanal YouTube KompasTV, Selasa (19/5/2020).

Mulanya, presenter menanyakan pertanyaan dari warganet soal kemungkinan Virus Corona yang dapat bertahan di gadget atau smartphone.

Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Dokter Nuvi Nusarintowati. Dirinya memberikan penjelasan bahaya merokok dengan penyebaran Virus Corona, dikutip dari YouTube KompasTV, Selasa (19/5/2020).
Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Dokter Nuvi Nusarintowati. Dirinya memberikan penjelasan bahaya merokok dengan penyebaran Virus Corona, dikutip dari YouTube KompasTV, Selasa (19/5/2020). (Capture YouTube KompasTV)

Apakah Merokok Buat Seseorang Rentan Terinfeksi Virus Corona? Ini Penjelasan Dokter

"Selamat pagi dok, apakah Virus Covid dapat bertahan di gadget??" tanya akun @loritaandikassa.

Nuvi Nusarintowati menjelaskan Virus Corona memang dapat bertahan hidup di permukaan benda, seperti gadget atau handphone.

"Jadi dikatakan dalam penelitian bahwa Covid-19 bisa bertahan beberapa waktu pada permukaan benda, termasuk di gadget kita," jelas dia.

Untuk lama waktu Virus Corona bisa bertahan, Nuvi Nusarintowati mengatakan maksimal bisa sampai 5 hari.

Oleh karena itu, Nuvi Nusarintowati mengimbau agar masyarakat bisa membersihkan gadget secara berkala.

Dirinya juga mengatakan bisa menggunakan plastik untuk melindungi gadget dari paparan Virus Corona.

"Mungkin sekitar, bisa 3 sampai 5 hari bertahan. Oleh sebab itu mungkin kita bisa membersihkannya secara berkala, atau memakai plastik apabila kita akan bepergian. Jadi gadgetnya lebih sering dibersihkan permukaannya," kata Nuvi Nusarintowati.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Vintoko
Editor: Claudia Noventa
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved