Virus Corona

Peneliti dari Wuhan Ungkap Gejala Virus Corona pada Anak-anak, Bukan Demam atau Batuk Kering

Para peneliti dari Rumah Sakit Tongji di Wuhan mengatakan bahwa anak-anak mungkin terinfeksi melalui saluran pencernaan.

IRNA
Ilustrasi virus corona 

TRIBUNWOW.COM - Sejumlah gejala seperti demam hingga batuk kering dianggap sebagai tanda utama Virus Corona.

Akan tetapi, sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa pada anak-anak yang terinfeksi Covid-19, tanda-tanda seperti itu justru tidak muncul.

Dilansir TribunWow.com dari Mirror, Selasa (12/5/2020), anak-anak justru terkena gejala sakit diare.

Dokter Ungkap Jenis Vitamin yang Paling Tepat dalam Membangun Antibodi demi Cegah Corona, Vitamin C?

Para peneliti dari Rumah Sakit Tongji di Wuhan mengatakan, temuan ini menunjukkan bahwa anak-anak mungkin terinfeksi melalui saluran pencernaan, daripada saluran pernapasan.

Dr Wenbin Li, yang memimpin penelitian ini, mengatakan “Sebagian besar anak-anak hanya sedikit terpengaruh oleh Covid-19, dan beberapa kasus parah sering memiliki masalah kesehatan yang mendasarinya."

“Sangat mudah untuk melewatkan diagnosis pada tahap awal, ketika seorang anak memiliki gejala non-pernapasan atau menderita penyakit lain."

"Berdasarkan pengalaman kami berurusan dengan Covid-19, di daerah di mana virus ini adalah epidemi, anak-anak yang menderita gejala saluran pencernaan, terutama dengan demam dan atau riwayat perjalanan terhadap penyakit ini, harus dicurigai terinfeksi Virus Corona."

Dalam studi tersebut, para peneliti merinci fitur klinis anak-anak yang dirawat di rumah sakit dengan gejala non-pernapasan, yang kemudian dinyatakan positif mengidap Virus Corona.

UPDATE Virus Corona di Indonesia: Bertambah 484 Orang, Kasus Positif Kini Jadi 14.749

Dr Li menjelaskan “Anak-anak ini datang di unit gawat darurat dengan masalah yang tidak berhubungan, misalnya, satu memiliki batu ginjal, yang lain trauma kepala."

“Semua memiliki pneumonia dikonfirmasi oleh CT scan dada sebelum atau segera setelah masuk, dan kemudian dikonfirmasi memiliki Covid-19."

"Sementara gejala awal mereka mungkin tidak berhubungan, atau gejala Covid-19 mereka awalnya ringan atau relatif tersembunyi sebelum masuk ke rumah sakit, yang penting, 4 dari 5 kasus memiliki gejala saluran pencernaan sebagai manifestasi pertama dari penyakit ini."

Berdasarkan hasil, para peneliti mengingatkan bahwa saluran pencernaan mungkin menjadi rute tambahan infeksi.

Bahas Perppu Corona, Yasonna Laoly: Tak Ada Istilah Kebal Hukum bagi Pihak Pelaksana

“Gejala gastro-intestinal yang dialami oleh anak-anak ini mungkin terkait dengan distribusi reseptor dan jalur transmisi yang terkait dengan infeksi Covid-19 pada manusia," ujarnya.

“Virus ini menginfeksi orang melalui reseptor ACE2, yang dapat ditemukan di sel-sel tertentu di paru-paru dan juga usus."

"Ini menunjukkan bahwa Covid-19 dapat menginfeksi pasien tidak hanya melalui saluran pernapasan dalam bentuk tetesan udara, tetapi juga melalui saluran pencernaan melalui kontak atau transmisi fecal-oral," imbuhnya. (TribunWow.com/Lailatun Niqmah)

Ikuti kami di
Penulis: Lailatun Niqmah
Editor: Rekarinta Vintoko
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved