Breaking News:

Terkini Internasional

Akhiri Rumor Meninggal Dunia, Kim Jong Un Muncul dalam Persesmian Pabrik, Warga Langsung Bersorak

Setelah 20 hari menghilang dari hadapan publik Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un muncul ke tengah-tengah masyarakat.

Editor: Lailatun Niqmah
AFP/KOREAN CENTRAL NEWS AGENCY V
Foto dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA), memperlihatkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (dua kanan) menghadiri upacara peresmian pabrik pupuk di Provinsi Pyongan Selatan, Korea Utara, Jumat (1/5/2020). Ini menjadi kemunculan pertama Kim Jong Un setelah dikabarkan terakhir tampak pada 12 April lalu dan sempat dispekulasikan telah meninggal dunia. 

TRIBUNWOW.COM - Setelah 20 hari menghilang dari hadapan publik Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un muncul ke tengah-tengah masyarakat.

Hal tersebut langsung menepis kabar kematian pemimpin tertinggi Korut itu.

Dalam foto yang dirilis media pemerintah Korea Utara KCNA (Korean Central News Agency) menunjukkan, Kim Jong Un menghadiri peresmian pabrik pupuk di Sunchon, Provinsi Pyongan Selatan, dekat ibu kota Korea Utara Pyongyang.

Foto yang diambil media pemerintah Korea Utara KCNA pada 1 Mei 2020, menunjukkan seremoni peresmian pabrik pupuk Sunchon di Provinsi Pyongan Selatan, Korea Utara. Peresmian ini juga dihadiri Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un, yang muncul untuk pertama kalinya di depan publik setelah menghilang selama 20 hari. KCNA merilis foto-foto ini pada Sabtu (2/5/2020).
Foto yang diambil media pemerintah Korea Utara KCNA pada 1 Mei 2020, menunjukkan seremoni peresmian pabrik pupuk Sunchon di Provinsi Pyongan Selatan, Korea Utara. Peresmian ini juga dihadiri Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un, yang muncul untuk pertama kalinya di depan publik setelah menghilang selama 20 hari. KCNA merilis foto-foto ini pada Sabtu (2/5/2020). (KCNA VIA KNS/AFP)

Ramai Kim Jong Un Dilaporkan Meninggal, Menteri Korsel Ungkap Kemungkinan Sembunyi karena Covid-19

Kim Jong Un menghadiri seremoni itu pada Jumat (1/5/2020), dan foto-fotonya dirilis media pemerintah Korut pada Sabtu (2/5/2020).

Selain itu terlihat pula Kim Jong Un berbincang dengan beberapa pegawainya, di sela-sela seremoni peresmian yang dihadirinya.

Sambutan meriah pun ditunjukkan warga Korea Utara terkait peresmian pabrik pupuk ini.

Tampak balon-balon berwarna-warni diterbangkan ke udara, beserta sejumlah bendera Korea Utara yang dikibarkan.

Orang-orang di pabrik tersebut juga dikabarkan sangat gembira menyambut kehadiran Sang Pemimpin Tertinggi.

Orang-orang yang hadir bersorak gembira, "Hura!" kepada Kim Jong Un.

Kim berkata, dirinya puas dengan sistem produksi pabrik tersebut dan memuji pabrik itu karena telah berkontribusi pada perkembangan industri kimia dan produksi makanan Korea Utara.

Kabar Kim Jong Un muncul di depan publik ini juga turut disorot oleh media Korea Selatan.

Foto-foto Kim Jong Un yang menghadiri peresmian pabrik pupuk itu muncul dalam sebuah program berita televisi, yang salah satunya disiarkan di Stasiun Kereta Api Seoul.

Kim Jong Un Dirumorkan Meninggal, Warga Korea Utara Dilaporkan Panic Buying

Dari pantauan jurnalis Associated Press (AP), terlihat para pengunjung di Stasiun Kereta Api Seoul Korea Selatan menyaksikan berita kemunculan Kim Jong Un.

Meski begitu, laporan terakhir dari media Korut ini masih belum bisa dikonfirmasi secara independen.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ditanya tentang kemunculan Kim Jong Un di muka publik, tetapi dia enggan berkomentar. (Kompas.com/Aditya Jaya Iswara)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Foto-foto Tunjukkan Kim Jong Un Muncul Lagi Usai 20 Hari Absen"

Sumber: Kompas.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved