Virus Corona

dr Erlina Burhan Urai Kelebihan Masker Kain untuk Tangkal Corona hingga Cara Benar Mencuci Masker

dr Erlina menjelaskan mulai dari efektivitas, hingga cara pencucian masker berbahan kain

WARTA KOTA/WARTA KOTA/Nur Icshan
MASKER KAIN - Beragam corak dan warna masker kain ini ditawarkan penjualnya di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, seharga Rp 10 Ribu per pieces, Selasa (31/3/2020). Masker kain dengan harga terjangkau ini menjadi pilihan warga di tengah meroketnya harga masker kesehatan untuk mencegah serangan wabah Covid-10. WARTA KOTA/Nur Icshan 

TRIBUNWOW.COM - Masker kini telah menjadi satu di antara kebutuhan paling penting bagi masyarakat Indonesia untuk mencegah tertular wabah Virus Corona (Covid-19).

Beragam tipe masker beredar di masyarakat, mulai dari masker kain, masker bedah, hingga masker N95.

Namun seiring menipisnya stok masker tenaga medis, masyarakat biasa dianjurkan untuk menggunakan masker berbahan dasar kain.

Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Pusat Persahabatan, dr Erlina Burhan, menjelaskan mengenai efektivitas dari jenis-jenis masker yang beredar di masyarakat, Rabu (1/4/2020).
Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Pusat Persahabatan, dr Erlina Burhan, menjelaskan mengenai efektivitas dari jenis-jenis masker yang beredar di masyarakat, Rabu (1/4/2020). (YouTube BNPB Indonesia)

Sikapi Kelangkaan Masker, Dokter Erlina: Orang Sakit yang Tidak Memakai Masker Jadi Sumber Penularan

Dikutip dari YouTube BNPB Indonesia, Rabu (1/4/2020), dokter spesialis paru RSUP Persahabatan dr. Erlina Burhan menjelaskan bagaimana efektivitas masker berbahan dasar kain.

Pertama, ia menjelaskan bahwa masker berbahan kain tetap bisa menangkal droplet, yang merupakan jalur penularan Covid-19.

"Perlindungan terhadap droplet iya ada, tetapi tidak ada perlindungan terhadap aerosol ataupun partikel yang airbone," katanya.

Erlina menambahkan, tidak semua droplet bisa ditahan oleh masker berbahan dasar kain.

Apabila droplet yang keluar dari batuk, dan bersin memiliki ukuran besar, maka masker kain masih bisa menangkal.

Tetapi ketika droplet yang keluar kecil, masker kain tidak efektif untuk menangkal droplet tersebut.

"Jadi efektivitas filtrasinya adalah pada partikel dengan ukuran 3 mikron itu bisa 10 sampai 60 persen dicegah," papar Erlina.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: anung aulia malik
Editor: Lailatun Niqmah
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved