Virus Corona

Waspada saat Kehilangan Rasa Penciuman, Bisa Jadi Satu Gejala Infeksi Virus Corona

Tidak sedikit pasien positif Virus Corona yang tak menunjukkan gejala yang signifikan. Kehilangan penciuman ternyata bisa jadi indikasi Covid-19.

Waspada saat Kehilangan Rasa Penciuman, Bisa Jadi Satu Gejala Infeksi Virus Corona
Freepik
Ilustrasi Virus Corona atau Covid-19. Tidak sedikit pasien positif Virus Corona yang tak menunjukkan gejala yang signifikan. Kehilangan penciuman ternyata bisa jadi indikasi Covid-19. 

TRIBUNWOW.COM - Tidak sedikit pasien positif Virus Corona yang tak menunjukkan gejala yang signifikan.

Gejala-gejala pada umumnya yaitu mengalami demam, mual dan sesak nafas.

Namun gejala lain yang juga patut diwaspadai yaitu kehilangan rasa penciuman.

Dilansir TribunWow.com dari Kompas.com yang mengutip dari Business Insider, seseorang yang kehilangan rasa penciuman bisa menjadi indikasi terkena Virus Corona.

Kini Sembuh, Pasien Nomor 12 Virus Corona Ungkap Gejala yang Dialami: Kayak Sakit Flu Biasa

Berdasarkan data dari beberapa negara seperti Korea Selatan, China, dan Italia, sekitar sepertiga pasien yang positif Virus Corona juga mengalami kehilangan rasa pada indera penciuman.

Kondisi seperti itu sering disebut dengan anosmia atau hyposmia.

"Di Korea Selatan, di mana pengujian telah lebih luas, 30 persen pasien yang dites positif mengalami anosmia sebagai gejala utama yang mereka hadapi dalam kasus-kasus ringan."

Pernyataan di atas merupakan hasil dari penelitian bersama Clare Hopkins, Presiden British Rhinological Society Professor, dan profesor Nirmal Kumar selaku Presiden British Association of Otorhinolaryngology.

Bahkan menurut keduanya, beberapa pasien positif Virus Corona mempunyai gejala kehilangan penciuman dan tanpa dibarengi dengan gejala lain yang lebih umum.

"Ada peningkatan jumlah laporan yang meningkat secara signifikan dalam jumlah pasien yang mengalami anosmia tanpa adanya gejala lain," sambungnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Elfan Fajar Nugroho
Editor: Claudia Noventa
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved