Breaking News:

Kabinet Jokowi

Jokowi Umumkan Kabinet Kerja Jilid 2 Hari Ini, Berikut Nama-nama Calon Menterinya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan susunan kabinetnya kepada publik, Rabu (23/10/2019) pagi ini. Berikut nama yang sudah dipanggil.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan kepada wartawan usai upacara pelantikan presiden dan wakil presiden 2019-2024 setibanya di Istana Merdeka Jakarta, Minggu (20/10/2019). Dalam keterangannya, Presiden Jokowi berterima kasih kepada TNI dan Polri yang sudah mengamankan pelantikan presiden dan wakil presiden sehingga suasana berlangsung kondusif. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNWOW.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan susunan kabinetnya kepada publik, Rabu (23/10/2019) pagi.

Menurut mantan ketua MK Mahfud MD, Jokowi akan memperkenalkan satu persatu menterinya dalam penguman kabinet tersebut.

"Rabu jam 7 untuk diperkenalkan satu satu. Semuanya akan diperkenalkan," ujar Mahfud MD usai bertemu Presiden Jokowi di istana Presiden, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Usai diperkenalkan, masing-masing menteri akan mendapat SK atau Kepres pengangkatan.

Dipanggil ke Istana, Luhut Binsar Pandjaitan Akui Ditunjuk Jokowi Jadi Menteri Maritim dan Investasi

Setelah itu menteri menteri akan dilantik di hari yang sama.

"Pukul 09.00 pemberian SK. Lalu pelantikan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, mengatakan pihaknya telah menyiapkan 34 kemeja putih yang akan dipakai para menteri saat pengumuman Kabinet Kerja jilid ll.

"34 kemeja itu akan dipakai oleh calon menteri," ucap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (22/10/2019). 

Wishnutama hingga Mahfud MD Masuk Kabinet Jokowi, Segini Gaji dan Tunjangan Menteri yang Diterima

Kemarin, terdapat petugas membawa kemeja putih yang kemudian di bawa ke dalam Istana. 

Heru juga menyebut, saat pemanggilan calon menteri ke Istana, Presiden Jokowi dibantu staf dari Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg), namun hanya sebatas membantu mendatanya. 

"Kami hanya mendata calon menterinya, hal biodata, dan memberi penjelasan terkait prosesi pelantikan menteri kepada masing-masing menteri," tuturnya.

Diketahui, Jokowi sudah memanggil sejumlah nama tokoh untuk datang ke Istana sejak Senin (21/10/2019) hingga Selasa (22/10/2019).

Mereka yang dipanggil Presiden disebut-sebut merupakan calon menteri Kabinet Kerja Jilid 2.

Dari pantauan Tribunnews.com, hingga Selasa (22/10/2019) pukul 15.30 WIB, ada sejumlah tokoh yang sudah memenuhi panggilan Presiden di Istana.

Mereka datang dari berbagai latar belakang.

 

Ini 12 Menteri yang akan Kembali Menjabat di Kabinet Jokowi II, Sri Mulyani hingga Luhut Pandjaitan

Dirangkum Tribunnews, berikut daftar calon menteri Jokowi terbaru:

1. Mahfud MD (Profesional)

DATANG KE ISTANA KEPRESIDENAN -
Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD usai bertemu Prisiden Joko Widodo di kompleks Istana Kepresidenan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2019). Menurut Presiden Joko Widodo akan memperkenalkan jajaran kabinet barunya usai dilantik Minggu (20/10/2019) kemarin untuk masa jabatan keduanya bersama Wapres Ma'ruf Amin periode tahun 2019-2024. Warta Kota/henry lopulalan
DATANG KE ISTANA KEPRESIDENAN - Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD usai bertemu Prisiden Joko Widodo di kompleks Istana Kepresidenan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2019). Menurut Presiden Joko Widodo akan memperkenalkan jajaran kabinet barunya usai dilantik Minggu (20/10/2019) kemarin untuk masa jabatan keduanya bersama Wapres Ma'ruf Amin periode tahun 2019-2024. Warta Kota/henry lopulalan (WARTA KOTA/henry lopulalan)

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menjadi orang pertama yang datang ke Istana Kepresidenan pada Senin.

Usai menemui Jokowi, Mahfud MD mengaku ia diminta menjadi salah satu menteri.

Meski begitu, Mahfud mengaku tidak diberi tahu lebih lanjut mengenai posisinya.

Iapun mengaku siap membantu pemerintahan Jokowi.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved