Seleksi Pimpinan KPK

Mahfud MD Tidak akan Pilih Firli Bahuri untuk KPK jika Ikut Voting: Kalau Tak Cocok Jangan 'Nyempal'

Mahfud MD sebut mungkin tak akan pilih Firli Bahuri Cs jika ikut voting DPR. Mahfud sebut sudah jadi keputusan final dan tak bisa langsung dibatalkan.

Mahfud MD Tidak akan Pilih Firli Bahuri untuk KPK jika Ikut Voting: Kalau Tak Cocok Jangan 'Nyempal'
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD. Ia menyebut dirinya mungkin tak akan memilih Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Firli Bahuri dan jajarannya sebagai Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jika ikut pemungutan suara bersama DPR RI. 

TRIBUNWOW.COM - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyebut dirinya mungkin tak akan memilih Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Firli Bahuri, dan jajarannya sebagai Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), jika ikut pemungutan suara bersama DPR RI.

Dikutip TribunWow.com dari Kompas.com, Senin (16/9/2019), Meski demikian, Mahfud MD menyebut pemungutan suara itu merupakan proses bernegara sehingga jika tidak cocok dengan hasil voting maka tak boleh asal protes.

Diketahui, proses pemilihan Komisioner KPK dilakukan melalui pemungutan suara setelah diadakan fit and proper test di ruang Komisi III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019) dini hari.

Firli Bahuri Cs Diragukan untuk Pimpin KPK, Mahfud MD: Jangan Underestimate, Ingat Agus Rahardjo Dkk

Sebanyak 56 orang anggota Komisi DPR RI III yang mewakili seluruh fraksi melingkari 5 dari 10 calon Pimpinan KPK yang sudah menyelesaikan tes tersebut.

Dari pemungutan suara itu, terpilihlah Firli Bahuri, Alexander Marwata, Nurul Ghufron, Nawawi Pomolango, dan Lili Pintauli Siregar.

Menanggapi terpilihnya Komisioner KPK, Mahfud MD menyebut sudah menjadi keputusan final dari pihak yang berwenang.

Jika Mahfud MD ikut dalam pemungutan suara, ia menyebut tak akan memilih Firli Bahuri Cs.

"Ini sudah jadi. Saya, saudara enggak ikut milih. Kalau ikut milih mungkin enggak milih mereka, tapi yang berwenang memilih sudah memilih mereka," ujar Mahfud MD.

Mahfud MD menyebut inilah cara hidup di negara demokrasi yang mana suatu keputusan yang sudah melalui proses tak bisa langsung diprotes agar dibatalkan.

Alexander Marwata Kembali Dipilih Jadi Pimpinan KPK, Zulfan Lindan: Firli Tanpa Didukung Alex Berat

Mahfud MD menyarankan agar ke depannya masyarakat dan Komisioner KPK yang terpilih bisa sama-sama memperbaiki kondisi negara dalam hal pemberantasan korupsi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Ifa Nabila
Editor: Lailatun Niqmah
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved