Breaking News:

Mobil Esemka

Tak Terima Jokowi Disalahkan soal Mobil Esemka, Sukiyat: Grup Partai Sirik yang Bikin Masalah

Sukiyat penemu mobil Esemka tak terima Jokowi disalahkan, ia sebut ada orang-orang sirik. Sukiyat juga tegaskan banyak yang pesan mobilnya.

Penulis: Ifa Nabila
Editor: Claudia Noventa
YouTube Tribunnews.com
Penemu mobi Esemka, Sukiyat, mengungkapkan beberapa alasan mengapa mobil Esemka lama atau tak kunjung diproduksi. Kini mobil Esemka sudah siap diluncurkan pada Jumat (6/9/2019) 

TRIBUNWOW.COM - Penemu mobil Esemka, Sukiyat, tidak terima lantaran Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) kerap disalahkan soal produksi mobil Esemka.

Sukiyat pun menunjuk ada berbagai pihak yang memang sirik dengan keberhasilan mobil Esemka sehingga Jokowi sebagai yang mempromosikan menjadi sasaran.

Hal tersebut disampaikan Sukiyat dalam wawancara ekslusif unggahan kanal YouTube Tribunnews.com, Jumat (6/9/2019).

Dalam wawancara itu, Sukiyat menyebut yang selama ini membuat mobil Esemka dipermasalahkan adalah pihak-pihak yang sirik.

"Jadi polemik itu kan ya itu tadi, kita kembalikan, kita itu kan...orang-orang yang grup partai sirik itu loh, grup partai sirik itu yang bikin masalah," ujar Sukiyat.

Sukiyat menyebut Jokowi selama ini hanya menjadi orang yang mempromosikan serta memperagakan penggunaan mobil Esemka.

Sukiyat Beberkan Alasan Mobil Esemka Lama Diproduksi: Di Indonesia Apa-apa Harus Debat Kepanjangan

Sukiyat mengibaratkan dirinya sebagai penjahit baju, sedangkan Jokowi adalah sang model yang ia pilih untuk mempromosikan baju buatannya.

"Pak Jokowi ini kan cuma sebagai peragawan, saya ini kan yang jahit, yang memotong pakaiannya, terus (membuat) bentuknya pakaian, karena Pak Jokowi itu tinggi, saya desainernya to? Desainernya, yang jahit," jelasnya.

Pria asal Boyolali ini mengaku senang produknya digunakan oleh Jokowi yang juga memancing para calon pembeli yang memesan mobil Esemka.

"Terus akhirnya saya kok senang Pak Jokowi, Pak Jokowi jalan lenggak-lenggok, akhirnya pengunjung banyak, senang modelnya, banyak yang pesan, benar, benar waktu itu banyak," kata Sukiyat.

Meski mobil Esemka saat itu sudah dipesan banyak orang, namun harus menghadapi berbagai kendala sehingga produksinya sempat terhenti.

Penemu mobi Esemka, Sukiyat, mengungkapkan beberapa alasan mengapa mobil Esemka lama atau tak kunjung diproduksi. Kini mobil Esemka sudah siap diluncurkan pada Jumat (6/9/2019).
Penemu mobi Esemka, Sukiyat, mengungkapkan beberapa alasan mengapa mobil Esemka lama atau tak kunjung diproduksi. Kini mobil Esemka sudah siap diluncurkan pada Jumat (6/9/2019). (YouTube Tribunnews.com)

Perjalanan Mobil Esemka: Diperkenalkan Jokowi hingga Dianggap untuk Bonceng Popularitas Politik

"Tapi karena ada aturan di Indonesia ini terlalu panjang aturannya, kita kan hati-hati, enggak terus (asal) bikin, kalau bikin tenggok atau bikin apa gampang, dari bambu itu loh."

"Itu mudah, kalau mobil ini kan ada safety-nya, keselamatan, dan sebagainya," terangnya.

Sukiyat pun geram ketika Jokowi menjadi objek yang disalahkan.

Halaman
1234
Tags:
Mobil EsemkaJoko Widodo (Jokowi)
BERITATERKAIT
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2024 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved