Pidato Jokowi

Ini Besaran Anggaran Pendidikan Tahun 2020, Jokowi Siapkan Beasiswa BOS, PIP hingga KIP Kuliah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan anggaran pendidikan untuk tahun 2020. Pemerintah akan mengalokasikan dana sebesar Rp 505,8 triliun.

Ini Besaran Anggaran Pendidikan Tahun 2020, Jokowi Siapkan Beasiswa BOS, PIP hingga KIP Kuliah
Tribunnews/JEPRIMA
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR tahun 2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019). Sidang tersebut beragendakan penyampaian pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNWOW.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan anggaran pendidikan untuk tahun 2020.

Hal ini diungkapkan Jokowi dalam memberikan pidatonya, di Pidato Nota Keuangan tahun 2020 di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019), dikutip TribunWow.com dari rilis yang diterima, Jumat (16/8/2019).

Jokowi menuturkan, pemerintah akan mengalokasikan dana sebesar Rp 505,8 triliun.

"Pada tahun 2020, anggaran pendidikan direncanakan sebesar Rp 505,8 triliun, atau meningkat 29,6 persen, dibandingkan realisasi anggaran pendidikan di tahun 2015 yang sekitar Rp 390,3 triliun," ujar Jokowi.

Dalam Pidato Keuangan, Jokowi Ungkap Pemerintah Perkirakan Rp 14.400 per Dolar AS di Tahun 2020

Dalam pidato, Jokowi menuturkan anggaran pendidikan itu akan diharapkan untuk memajukan pendidikan Indonesia yang tertinggal.

"Dengan anggaran pendidikan yang meningkat tersebut, diharapkan tidak ada lagi anak Indonesia yang tertinggal. Kemampuan dasar anak-anak Indonesia harus terus dibangun, mulai dari pendidikan usia dini dan pendidikan dasar," ungkapnya.

"Terutama untuk meningkatkan kemampuan literasi, matematika, dan sains, sehingga menjadi pijakan bagi peningkatan pengetahuan dan keterampilan anak di jenjang pendidikan yang lebih tinggi."

Jokowi juga menuturkan akan melanjutkan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Program Indonesia Pintar (PIP).

"Pada pendidikan dasar dan menengah, dalam rangka pemerataan akses pendidikan dan percepatan wajib belajar 12 tahun," jelasnya.

"BOS kepada 54,6 juta siswa pada tahun 2020. Selain itu, Pemerintah juga melanjutkan PIP dengan memberikan beasiswa hingga 20,1 juta siswa."

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat Sasak NTB saat menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Bersama DPR dan DPD RI Tahun 2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019). Pada pidatonya tersebut Jokowi menyampaikan izinnya untuk memindahkan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan. Tribunnews/Jeprima
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat Sasak NTB saat menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Bersama DPR dan DPD RI Tahun 2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019). Pada pidatonya tersebut Jokowi menyampaikan izinnya untuk memindahkan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)
Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Roifah Dzatu Azma
Editor: Ananda Putri Octaviani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved