Travel dan Kuliner

Sudah Punya Pamor, Pengelola Umbul Ponggok Tak Lupa Edukasi Warga dan Pengunjung untuk Buang Sampah

Umbul Ponggok kini sudah berkembang pesat menjadi kawasan wisata yang cukup mendapat perhatian publik.

Sudah Punya Pamor, Pengelola Umbul Ponggok Tak Lupa Edukasi Warga dan Pengunjung untuk Buang Sampah
TRIBUN-VIDEO.COM/Gulang Chandra
Joko Winarno (Direktur BUMDes Tirta Mandiri Ponggok) dalam acara Ngobrol Mewah (Mepet Sawah) di gedung Tribunnews Solo, Kamis (23/5/2019). 

TRIBUNWOW.COM - Tribunnews Solo kembali menggelar acara Ngobrol Mewah (Mepet Sawah) yang digelar pada Kamis (23/5/2019).

Tema Ngobrol Mewah kali ini adalah 'Mengenali Harta Karun Wisata Solo dan Sekitarnya' yang menghadrirkan 4 narasumber terkait.

Satu di antara narasumber yang dihadirkan adalah Joko Winarno, Direktur BUMDes Tirta Mandiri Ponggok.

Dalam diskusi saat itu, Joko menerangkan bahwa Umbul Ponggok kini sudah berkembang pesat dari yang tadinya merupakan kawasan di mana mayoritas warganya merupakan masyarakat dengan ekonomi kurang mampu, kini menjadi kawasan wisata yang cukup mendapat perhatian publik.

Dikenal dengan Wisata Bawah Airnya, Ini Cara Umbul Ponggok Pertahankan Pamornya

Namun seiring dengan berkembangnya sektor pariwisata di daerah Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah tersebut, timbul pula masalah yang dapat merugikan lingkungan sekitar.

"Tapi dengan perkembangannya, selain banyak materi yang masuk ke desa kami, ternyata timbul masalah juga," sebut Joko.

Masalah yang dimaksud Joko adalah soal sampah yang dibawa oleh para wisatawan.

"Dengan orang berbondong-bondong ke Umbul Ponggok, selain membawa uang dengan membeli tiket, pasti juga membawa sampah," jelasnya.

Berawal dari Desa Miskin, Akhirnya Umbul Ponggok Mampu Berkembang hingga Jadi Tempat Wisata

Oleh karena itu, agar kawasan Umbul Ponggok dapat tetap terbebas dari sampah, BUMDes Tirta Mandiri Ponggok selaku pihak pengelola tak lupa memberikan edukasi terhadap warga setempat serta wisatawan.

Karena tak dipungkiri, hal utama yang dilihat para pengunjung dari sebuah tempat wisata adalah kebersihan lingkungannya.

Joko Winarno, Direktur BUMDes Tirta Mandiri Ponggok, saat diberikan kenang-kenangan oleh Vovo Susatyo, General Manager Tribunnews Solo, seusai mengisi dalam diskusi Ngobrol Mewah di gedung Tribunnews Solo, Kamis (23/5/2019).
Joko Winarno, Direktur BUMDes Tirta Mandiri Ponggok, saat diberikan kenang-kenangan oleh Vovo Susatyo, General Manager Tribunnews Solo, seusai mengisi dalam diskusi Ngobrol Mewah di gedung Tribunnews Solo, Kamis (23/5/2019). (TRIBUN-VIDEO.COM/Gulang Chandra)

Polisi Lakukan Tes Urine pada Tersangka Kerusuhan Aksi 22 Mei, Beberapa di Antaranya Positif Narkoba

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Laila Zakiyya Khairunnisa
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved