Pemilu 2019

KPU Jelaskan soal Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS hingga Waktu Pencoblosan di Atas Jam 1

Hasyim Asy'ari menjelaskan waktu pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dilakukan serentak pada 17 April 2019.

KPU Jelaskan soal Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS hingga Waktu Pencoblosan di Atas Jam 1
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 

TRIBUNWOW.COM - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari menjelaskan waktu pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dilakukan serentak pada Rabu, 17 April 2019.

Melalu rilis yang diterima oleh TribunWow.com, Senin (15/4/2019), Hasyim menjelaskan bahwa pemungutan suara di TPS dilakukan pada Rabu (17/4/2019) pukul 07.00-13.00 waktu setempat.

Terkait penggunaan suara, Hasyim lantas menyinggung soal antrean pemilih yang masih belum menggunakan hak pilihnya di hari yang sama.

Ia mengatakan, jika ada pemilih yang masih mengantre setelah pukul 13.00 waktu setempat, maka pemilih masih akan dilayani dengan syarat.

Bicara soal Sistem Pemilu 2019, SBY: Ini Terlalu Kompleks, Tidak Adil

Syarat itu mewajibkan pemilih sudah mendaftar atau menulis di daftar hadir pada formulir C7 sebelum pukul 13.00 waktu setempat.

Lantas, Hasyim mengungkapkan bahwa proses penghitungan suara di TPS akan dilakukan pada pukul 13.00 WIB waktu setempat atau setelah proses pemungutan suara di TPS telah selesai di lakukan.

Ia menegaskan, proses penghitungan suara di TPS harus sudah rampung dilakukan pada hari yang sama.

Proses penghitungan suara itu selambat-lambatnya selesai dilakukan pada pukul 24.00 WIB waktu setempat.

Namun, jika pada hari yang sama masih belum bisa terselesaikan, Hasyim mengungkapkan bahwa penghitungan suara masih bisa diperpanjang dengan batas waktu yang sudah ditentukan.

"Dalam hal penghitungan suara belum selesai, dapat diperpanjang tanpa jeda paling lama 12 jam sejak berakhirnya hari pemungutan suara, maksimal harus selesai pada hari Kamis 18 April 2019 jam 12.00 waktu setempat," ujar Hasyim.

Pemilu dan Pilpres 2019: Ke TPS Harus Bawa Surat C6 untuk Nyoblos, Lalu Bagaimana jika Belum Dapat?

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Atri Wahyu Mukti
Editor: Claudia Noventa
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved