RUU Permusikan

Bens Leo Sebut Nama Jerinx SID saat Bahas Sertifikasi Musik: Siapa yang Nguji Dia?

Satu di antara pasal dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan yang kemudian menjadi polemik adalah sertifikasi para musisi.

Bens Leo Sebut Nama Jerinx SID saat Bahas Sertifikasi Musik: Siapa yang Nguji Dia?
YouTube Kompas TV
Pengamat Musik, Bens Leo dan Ketua Umum AMI, Dwiki Dharmawan saat menjadi narasumber dalam program Sapa Indonesia Akhir Pekan, Jumat (8/1/2019). 

TRIBUNWOW.COM - Satu di antara pasal dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan yang kemudian menjadi polemik adalah sertifikasi para musisi.

Dikutip TribunWow.com dari YouTube Kompas TV dalam sesi dialog program Sapa Indonesia Akhir Pekan dengan tajuk 'Kisruh RUU Permusikan' yang tayang Jumat (8/1/2019), pengamat musik, Bens Leo mengungkapkan bahwa sertifikasi untuk dunia musik lebih tepat ditujukan kepada para pengajar di lembaga pendidikan musik.

"Ada badan sertifikasi nasional. Bahkan guru pendidikan formal saja sudah pakai sertifikat untuk menentukan standarisasi gaji mereka tau kenaikan pangkat mereka."

"Rasanya sertifikasi untuk dunia musik ini penting sekali bagi mereka yang mengajar di lembaga pendidikan musik, misalnya seperti Farabi, Purwacaraka, Yamaha, yang punya lembaga pendidikan musik," kata Bens.

Sejumlah Reaksi Musisi Tanggapi Polemik RUU Permusikan, Tidak Setuju hingga Ibaratkan Siomay

Ia kemudian mengisahkan kejadian di mana seorang murid dalam lembaga pendidikan musik justru lebih memiliki kemampuan daripada pengajarnya.

"Sebab ada kasus yang menarik di sebuah lembaga pendidikan musik seperti kursus di Kalimantan, mereka memilih guru dari band yang populer di sana."

"Nah ternyata muridnya lebih jago dibanding gurunya. Muridnya tuh enggak tahu dia belajar dari mana, ternyata dia lebih bisa baca not. Kemudian kemampuan teknisnya lebih bagus, nah guru-guru atau instruktur inilah yang harus punya sertifikat sebetulnya," tuturnya.

Kejadian semacam itulah yang kemudian membuat Bens berpendapat bahwa sertifikasi pada bidang musik diperlukan.

"Alangkah celakanya kalau lembaga pendidikan musik yang sudah terkenal tiba-tiba gurunya tidak bersertifikat, kalah sama muridnya. Nah kasus-kasus semacam ini sebenarnya sertifikasi penting," ucap Bens.

Pengamat musik Bens Leo saat hadir menjadi narasumber dalam acara Sapa Pagi AKhir Pekan Kompas TV, Jumat (8/1/2019).
Pengamat musik Bens Leo saat hadir menjadi narasumber dalam acara Sapa Pagi AKhir Pekan Kompas TV, Jumat (8/1/2019). (YouTube Kompas TV)

RUU Permusikan Tuai Banyak Penolakan, Ini Kata Ketua DPR Bambang Soesatyo

Namun, Bens kemudian mengungkapkan keheranannya jika suatu saat RUU tersebut disahkan, maka siapa yang akan menguji drummer asal band Superman is Dead (SID), Jerinx, yang baru-baru ini ramai diperbincangkan lantaran dengan keras menolak adanya RUU permusikan tersebut.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Laila Zakiyya Khairunnisa
Editor: Bobby Wiratama
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved