Tips Pilih Pinjaman, Tenor Singkat atau Tenor Panjang?

Tenor atau masa pinjaman juga harus Anda perhatikan benar. Jika masih bingung ingin ambil tenor singkat atau panjang, sebaiknya Anda baca tips ini

Tips Pilih Pinjaman, Tenor Singkat atau Tenor Panjang?
Tribun Jogja/Krisdianto
REAL ESTATE - Maket rumah yang ditawarkan pengembang dalam ajang REI Expo beberapa waktu lalu. 

TRIBUNWOW.COM - Tak hanya bunga yang perlu diperhatikan saat Anda akan mengambil pinjaman uang online.

Tenor atau masa pinjaman juga harus Anda perhatikan dengan benar. Jika masih bingung ingin ambil tenor singkat atau panjang, sebaiknya Anda baca penjelasan di bawah ini dulu!

Ketika akan mengambil pinjaman, ada beberapa hal yang perlu Anda garis bawahi alias harus diperhatikan secara teliti. Mulai dari kredibilitas bank atau lembaga keuangan pemberi pinjaman, persyaratan yang diajukan, kisaran bunga yang ditetapkan, dan terakhir tenor pinjaman.

Kita seringkali menganggap remeh dan tidak terlalu memperhatikan penetapan masa tenor pinjaman karena fokus biasanya tertuju pada penetapan bunga yang dikenakan.

Padahal, pemilihan masa tenor akan berpengaruh pada banyak hal seperti kemampuan membayar cicilan per bulan dan jumlah total hutang yang wajib dibayar. Rata-rata pinjaman cepat cair dengan agunan dan tanpa agunan menetapkan masa tenor mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan lamanya.

Sebelum menentukan masa tenor pinjaman uang online langsung cair, ada baiknya Anda mengenal lebih dalam mengenai perbedaan masa tenor singkat dengan masa tenor panjang agar nantinya bisa mengetahui mana yang lebih bagus untuk Anda.

Untuk lebih jelasnya lagi, coba kita langsung bandingkan saja kelebihan dan kekurangan tenor singkat dan tenor panjang, seperti dikutip dari HaloMoney.co.id.

Kelebihan dan kekurangan tenor singkat

Masa tenor singkat memiliki jangka waktu pinjaman minimal 12 bulan.

Biasanya orang akan mengambil masa tenor singkat jika jumlah pinjamannya tidak terlalu besar, yakni antara jutaan rupiah hingga belasan juta rupiah. Berhubung masa tenor yang diambil singkat, maka bunga yang diberikan rata-rata sedikit lebih tinggi, kisaran 0,5% sampai 1%, dari tenor panjang.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Yudie
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved