Tsunami di Banten dan Lampung

4 Warga Banten Korban Tsunami Selat Sunda Bakal Layangkan Gugatan ke Jokowi dan DPR, Ini Isinya

Sebanyak empat warga Banten yang terdampak tsunami Selat Sunda bakal melayangkan gugatan warga negara kepada Presiden Jokowi dan DPR.

4 Warga Banten Korban Tsunami Selat Sunda Bakal Layangkan Gugatan ke Jokowi dan DPR, Ini Isinya
Rilis yang diterima TribunWow.com dari BNPB
Gambar pantauan udara pasca tsunami Selat Sunda 

TRIBUNWOW.COM - Sebanyak empat warga Banten yang terdampak tsunami Selat Sunda, bakal melayangkan gugatan warga negara kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan DPR.

Dikutip dari Warta Kota, gugatan itu berisi permintaan warga agar Presiden Jokowi menganggarkan pengadaan alat pendeteksi tsunami yang diakibatkan gempa vulkanik dan alat kebencanaan lainnya di Selat Sunda.

Kuasa hukum warga, Abdul Hamim Jauzie menjelaskan, warga akan menyampaikan pemberitahuan dan notifikasi kepada Jokowi dan DPR sebelum mengajukan gugatan.

"Tujuannya memberikan kesempatan Presiden untuk memenuhi tuntutan empat warga Banten ini," kata Abdul Hamim Jauzie, Senin (4/2/2019).

Jokowi Singgung Propaganda Rusia, Fadli Zon: Itu Sudah Halusinasi

Lebih lanjut, Abdul Hamim Jauzie menilai jatuhnya banyak korban saat tsunami Selat Sunda disebabkan tidak adanya peringatan dini.

Peringatan dini, kata dia, disebabkan tidak adanya alat pendeteksi tsunami yang disebabkan gempa vulkanik.

"Banyaknya korban, diduga kuat akibat tidak adanya peringatan dini atau early warning system tsunami. Sementara, tidak adanya peringatan dini itu disebabkan tidak adanya alat pendeteksi tsunami yang disebabkan gempa vulkanik," urai Hamim.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kata Hamim, korban tsunami di Selat Sunda sudah mencapai 426 orang yang meninggal dunia.

Memory Card Kamera Andi Seventeen Ditemukan, Ifan akan Buat Film Dokumenter Tsunami Tanjung Lesung

Tak hanya itu, 7.202 orang mengalami luka-luka, 23 orang hilang, 40.386 orang mengungsi, dan 882 rumah rusak karena tsunami Selat Sunda.

BMKG Telah Usulkan Alat Pendeteksi Tsunami

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Vintoko
Editor: Lailatun Niqmah
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved