Gempa Bumi

Gempa Bumi 5,1 Mw Guncang Halmahera Barat, BMKG Sebut Tak Berpotensi Tsunami

BMKG sebut wilayah terkena gempa bumi di Kabupaten Halmahera Barat terjadi di daerah Manado, Bitung dan Minahasa Tenggara dengan intensitas II-III MM.

Gempa Bumi 5,1 Mw Guncang Halmahera Barat, BMKG Sebut Tak Berpotensi Tsunami
TribunWow.com/Octavia Monica
Ilustrasi gempa bumi. 

TRIBUNWOW.COM - Gempa bumi berskala 5,1 Mw baru saja mengguncang Kabupaten Halmahera Barat pada Senin (31/12/2018) pukul 01.34 WIB.

Peringatan gempa bumi tersebut dibagikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun Instagram resminya @infobmkg, Senin (31/12/2018).

Pada peringatan tersebut, BMKG menyatakan bahwa gempa bumi yang mengguncang wilayah laut di sebelah sebelah barat laut Kabupaten Halmahera Barat yang diguncang gempa bumi tektonik tak berpotensi terjadi tsunami.

BMKG menyebutkan hasil analisisnya yang menunjukkan gempa bumi berkekuatan 5,1 Mw di Halmahera Barat termasuk dalam jenis gempa bumi dangkal yang diakibatkan aktivitas subduksi lempeng laut Maluku.

BMKG juga menunjukkan beberapa wilayah yang terkena gempa terjadi di daerah Manado, Bitung dan Minahasa Tenggara dengan intensitas II-III MMI.

Dari kejadian tersebut, hingga pemberitahuan ini muncul belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi yang terjadi,

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menyatakan hingga pukul 01.57 WIB, hasil monitoring dari BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Rahmat Triyono menghimbau kepada masyarakat sekitar terjadi bencana untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yangtidak dapat dipertanggungjawabkan.

Gempa Bumi 7,1 SR Guncang Filipina, BMKG Sebut Tak Berdampak Potensi Tsunami di Sulawesi Utara

"*GEMPABUMI TEKTONIK M=5,1 MENGGUNCANG KABUPATEN HALMAHERA BARAT, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI*

Hari Senin, 31 Desember 2018, pukul 01.34.58 WIB, wilayah laut di sebelah barat laut Kabupaten Halmahera Barat diguncang gempabumi tektonik.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Atri Wahyu Mukti
Editor: Bobby Wiratama
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved