Gempa Bumi

Gempa Bumi 7,1 SR Guncang Filipina, BMKG Sebut Tak Berdampak Potensi Tsunami di Sulawesi Utara

Gempa bumi berskala 7,1 SR guncang filipina Tenggara hingga dirasakan di wilayah Indonesia pada Sabtu (29/12/2018).

Gempa Bumi 7,1 SR Guncang Filipina, BMKG Sebut Tak Berdampak Potensi Tsunami di Sulawesi Utara
TribunWow.com/Octavia Monica
Ilustrasi gempa bumi. 

TRIBUNWOW.COM - Gempa bumi bersakala 7,1 SR baru saja mengguncang Filipina Tenggara hingga dirasakan sampai wilayah Indonesia bagian Sulawesi Utara pada Sabtu (29/12/2018) pukul 10.39 WIB.

Peringatan gempa bumi tersebut dibagikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun Instagram resminya @infobmkg, Sabtu (29/12/2018).

Pada peringatan tersebut, BMKG menyatakan bahwa gempa bumi yang mengguncang wilayah Filipina Tenggara tidak berpotensi tsunami di wilayah terdekatnya di Indonesia, yakni di Sulawei Utara.

Dilaporkan gempa magnitudo 7,1 itu dirasakan oleh masyarakat di wilayah Melonguane Kepulauan Talaud, Tahuna Kepulauan Sangihe, Siau Sitaro, Tobelo, Morotai, Manado, Ternate dan Jailolo.

BMKG menyebutkan bahwa gempa yang terjadi dipicu oleh aktivitas subduksi lempeng laut Filipina yang menunjam ke bawah Pulau Mindanau, Filipina.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menyatakan himbauan kepada seluruh masyarakat di Kepulauan Sangihe dan Talaud supaya tetap tenang dan tidak terpancing oleh isu-isu yang tak bertanggungjawab.

Rahmat menegaskan jika gempa yang terjadi saat ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia.

BREAKING NEWS: PTWC Cabut Peringatan Tsunami di Filipina dan Indonesia

"Info Gempa :Mag:7.1, 29-Des-18 10:39:12 WIB, Lok:5.85 LU,126.81 BT (201 km TimurLaut KEP-TALAUD-SULUT), Kedalaman :69 Km #BMKG.

GEMPA BUMI KUAT M=7,1 GUNCANG FILIPINA TENGGARA DAN SULAWESI UTARA TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI DI WILAYAH INDONESIA*

Hari Sabtu 29 Desember 2018 pukul 10.39.12 WIB terjadi gempa kuat dengan magnitudo M=7,1 mengguncang wilayah tenggara Filipina.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Atri Wahyu Mukti
Editor: Lailatun Niqmah
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved