Gempa Bumi

Tak Berpotensi Tsunami, BMKG Jelaskan Faktor Pemicu Gempa Berskala 7,1 SR di Sulawesi Utara

BMKG mengimbau untuk masyarakat di Kepulauan Sangihe dan Talaud untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bertanggungjawab

Tak Berpotensi Tsunami, BMKG Jelaskan Faktor Pemicu Gempa Berskala 7,1 SR  di Sulawesi Utara
Twitter/infoBMKG
Lokasi gempa Sulawesi Utara dan Filipina pada hari Sabtu (29/12/2018) 

TRIBUNWOW.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) mencatat telah terjadi gempa bermagnitudo 7,1 berpusat di 201 kilometer Timur Laut Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada Sabtu (29/12/2018).

Gempa berkedalaman 69 kilometer ini dirasakan dibeberapa wilayah Indonesia, seperti Molonguane Talaud, Tahuna Sangihe, Siau Sitaro, Tobelo, Morotai, Manado, Ternate, dan Jailolo. "

Ditinjau lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa ini dipicu oleh aktivitas subduksi Lempeng Laut Filipina yang menunjam ke bawah Pulau Mindanao, Filipina," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (29/12/2018) siang.

BREAKING NEWS: PTWC Cabut Peringatan Tsunami di Filipina dan Indonesia

Selain terasa di beberapa wilayah Indonesia, gempa juga dirasakan di Provinsi Davao Oriental dan Davao Ocidental, Filipina dalam skala intensitas V MMI.

BMKG mengimbau untuk masyarakat di Kepulauan Sangihe dan Talaud untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bertanggungjawab, karena gempa ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia.

Hal ini juga disampaikan BMKG melalui akun resmi twitternya, @infoBMKG.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BMKG Sebut Ini yang Picu Gempa di Sulawesi Utara"

Ikuti kami di
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved