Breaking News:

Gaji Rp 5 Juta, Begini Caranya Punya Rumah dengan KPR

Ingin mencicil rumah tapi ragu karena memiliki penghasilan pas-pasan? Coba lakukan perhitungan KPR terlebih dahulu!

HaloMoney.co.id
Gaji Rp 5 Juta, Begini Cara Punya Rumah dengan KPR. 

TRIBUNWOW.COM - Ingin mencicil rumah tapi ragu karena memiliki penghasilan pas-pasan?

Coba lakukan perhitungan KPR terlebih dahulu agar nantinya Anda bisa tahu seberapa besar kemampuan finansial Anda untuk mencicil rumah idaman.

Rumah menjadi kebutuhan yang perlu dimiliki untuk sekedar memiliki tempat tinggal dan sekaligus investasi.

Tapi tidak semua orang bisa memiliki rumah dengan mudah karena untuk mendapatkannya dibutuhkan biaya yang sangat mahal, sehingga salah satu jalannya adalah membeli rumah dengan cara mencicil atau dikenal dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Mungkin ini tidak menjadi masalah bagi orang-orang yang memiliki penghasilan tinggi karena ada dana lebih yang bisa disisihkan setiap bulannya untuk mencicil rumah.

Tapi bagi masyarakat yang memiliki penghasilan di bawah Rp 5 juta, mengambil cicilan rumah harus dipikirkan berulang kali secara matang karena penghasilan harus dicukupi untuk kebutuhan dasar bulanan.

Sebenarnya permasalahan tersebut bisa diatasi dengan menghitung secara matang agar Anda bisa mengukur kemampuan finansial dan bisa membayar cicilan rumah secara tepat waktu hingga masa akhir tenor berlaku.

Sebelum melakukan perhitungan, coba perhatikan tiga hal berikut ini yang bisa berpengaruh pada perhitungan KPR-mu, seperti dikutip dari Lifepal.co.id, yaitu:

1. Cari rumah yang sesuai kemampuan finansial

Hal awal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah mencari rumah yang sesuai dengan kemampuan finansial.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli rumah mewah dan besar karena termakan oleh gengsi.

Jika penghasilan pas-pasan, carilah rumah dengan kisaran harga menengah kebawah.

Jika melihat dari harga rumah yang ada saat ini, disarankan untuk mengambil rumah dengan cicilan yang masih terjangkau dengan penghasilan Anda saat ini atau tiga tahun mendatang.

Harga jual rumah biasanya belum meliputi berbagai macam biaya seperti biaya administrasi, biaya provisi, biaya balik nama, pajak pembeli, dan lain sebagainya.

Halaman
1234
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved