Pemerintah Berlakukan Tarif Baru Ruas Tol JORR Mulai Akhir September 2018, Berikut Rinciannya

Dalam sistem integrasi ini, pengguna tol hanya perlu melakukan satu kali transaksi pada gerbang tol masuk (on-ramp payment).

Pemerintah Berlakukan Tarif Baru Ruas Tol JORR Mulai Akhir September 2018, Berikut Rinciannya
Kahfi Dirga Cahya/ Kompas.com
Gerbang Tol Slipi 2 ditutup sementara imbas dari kemacetan panjang dari Tol Dalam Kota menuju ke Tol Cikampek, Kamis (24/12/2015). 

TRIBUNWOW.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan pemerintah akan menerapkan sistem integrasi transaksi tol pada ruas Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Dilansir TribunWow.com dari situs resmi Sekretariat.go.id, Senin (17/9/2018), di sistem yang biasanya berlaku, pengguna tol harus melakukan 2 hingga 3 kali transaksi untuk menggunakan tol JORR sepanjang 76 kilometer (km) yang terdiri dari 4 ruas tol yang dikelola oleh badan usaha jalan tol (BUJT) berbeda.

Sedangkan dalam sistem integrasi ini, pengguna tol hanya perlu melakukan satu kali transaksi pada gerbang tol masuk (on-ramp payment).

Integrasi transaksi JORR akan dilakukan mulai dari Seksi W1 (SS Penjaringan-Kebon Jeruk), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini), Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Seksi E2 (Cikunir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan), Jalan Tol Akses Tanjung Priok (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Ulujami-Pondok Aren.

PUPR Targetkan Rekonstruksi Rumah Korban Gempa Lombok Selesai dalam Satu Tahun

Basuki menilai pengguna tol JORR jarak jauh akan diuntungkan dari perubahan tarif dibandingkan dengan pengguna tol jarak dekat.

Karena tarif yang digunakan adalah tarif rata-rata ruas tol yang dikalikan dengan penggunaan rata-rata jalan tol tersebut.

Dengan tarif Rp 15.000 untuk kendaraan golongan I, kendaraan golongan 2 dan 3 dikenakan tarif sama yakni Rp 22.500, serta golongan 4 dan 5 juga membayar besaran tarif yang sama yakni Rp 30.000.

Saat ini untuk kendaraan dari Simpang Susun Penjaringan yang menuju Tol Akses Pelabuhan Tanjung Priok, golongan I membayar sebesar Rp 34.000 sedangkan kendaraan golongan V sebesar Rp 94.500.

Dengan sistem integrasi, golongan I turun sebesar Rp19.000, sedangkan golongan V turun sebesar Rp 64.500.

Bangun Jembatan, PUPR Ingin Tingkatkan Aksesibilitas Jalur Lintas Selatan Kalimantan

Kemudian untuk pengguna jalan tol ruas Ulujami-Pondok Aren dari Bintaro Viaduct menuju Bintaro tetap membayar tarif tol Ulujami-Pondok Aren sebesar Rp 3.000 untuk golongan I.

Dan ruas tol Ulujami-Pondok Aren yang menuju Ulujami dikenakan tarif Rp 15.000, atau naik Rp 2.500 dari yang saat ini sebesar Rp 12.500.

Sistem baru ini diungkapkan Basuki untuk meningkatkan pelayanan dan mendukung sistem logistik nasional agar lebih efisien dan berdaya saing.

Dan nantinya sistem integrasi ini akan diberlakukan paling lambat di akhir bulan September 2018.

“Sosialisasi terus dilakukan sebelum diberlakukan yakni paling lambat akhir September 2018,” kata Basuki Hadimuljono. (TribunWow.com/ Roifah Dzatu Azmah)

Ikuti kami di
Penulis: Roifah Dzatu Azma
Editor: Lailatun Niqmah
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved