Breaking News:

Pilpres 2019

Gatot Nurmantyo Ungkap soal PT 20 Persen, Tidak Ada Pemberitahuan KPU hingga Pemenang Pileg 2014

Alasan pertama adalah pada pemilihan legislatif tahun 2014, tidak ada pengumuman dari siapapun bahwa hasil legislatif ini akan digunakan untuk pemilih

Nasional Kompas
Gatot Nurmantyo 

TRIBUNWOW.COM - Mantan Jendral Gatot Nurmantyo memberikan penjelasan terkait Presidential Threshold (PT) sebesar 20 persen untuk mengusung calon presiden (capres) dalam pemilihan presiden (pilpres) 2019.

Penjelasan ini disampaikan Gatot saat dirinya mengisi serial diskusi di Jakarta Convention Center, pada Rabu (24/7/2018).

Gatot pun turut mengunggah penjelasannya itu melalui akun Instagram miliknya, @nurmantyo_gatot.

Dalam diskusinya, Gatot memberikan dua alasan mengapa muncul PT 20 untuk pilpres di tahun 2019.

Alasan pertama adalah pada pemilihan legislatif tahun 2014, tidak ada pengumuman dari siapapun bahwa hasil legislatif ini akan digunakan untuk pemilihan presiden di 2019.

"Satu hal ada yang perlu kita cermati baik-baik.

Bahwa Presidential Threshold yang 20% ini, ini pada tahun 2014 tidak pernah diumumkan oleh KPU bahwa hasil pemilihan legislatif ini akan digunakan sebagai Presidential Threshold tahun 2019," ujar Gatot.

Tjahjo Kumolo Sebut Dirinya akan Tetap Memilih Jokowi di Pilpres 2019

Lalu Gatot menambahkan alasan kedua yakni ada partai yang memiliki 19 persen sehingga mempermudah jalan untuk mengusung capres.

"Itu yang pertama, terus mengapa diperjalanan muncul undang-undang nomer 17 tahun 2017 tentang Presidential Threshold yang 20%.

Mengapa? Karena ada pemenang pileg (pemilhan legislatif) yang memperoleh 19 persen sehingga ia tinggal menambah partai manapun juga satu saja," tambah Gatot.

Halaman
1234
Ikuti kami di
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
Penulis: Tiffany Marantika Dewi
Editor: Claudia Noventa
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved