Breaking News:

Ramadan dan Idul Fitri 2018

Rest Area Terlalu Jauh, Banyak Mobil Pemudik di Tol Pemalang Batang yang Kehabisan Bensin dan Mogok

Selain masalah bahan bakar yang menyebabkan para pemudik mengantre panjang di rest area, kerusakan mesin juga kerap terjadi saat pemudik melintas.

IST
Jalan tol 

TRIBUNWOW.COM - Jumlah kendaraan yang melintasi Tol Fungsional Pemalang Batang mengalami peningkatan hingga 100 persen, Sabtu (9/6/2018).

Awal dibuka pada Jumat (8/6) pagi jumlah kendaraan mencapai 4.630, kemarin mencapai 9.003 kendaraan.

Peningkatan tersebut berdampak pada konsumsi bahan bakar yang disediakan oleh Pertamina di SPBU Kantong sepanjang Tol Fungsional Pemalang Batang.

Selain permasalahan bahan bakar yang menyebabkan para pemudik mengantre panjang di rest area, kerusakan mesin juga kerap terjadi saat pemudik melintasi tol sepanjang 39,2 kilometer tersebut.

Para Pemudik Hati-hati ya! Terjadi Kecelakaan Beruntun 4 Mobil di KM 291 Tol Kertasari Tegal

Tak jarang kendaraan pemudik harus menepi dikarenakan kehabisan bahan bakar.

Pantauan Tribun dari pintu Tol Fungsional Gandulan Pemalang hingga rest area Candiareng Batang, sekitar 10 kendaraan menepi dan membuka kap mesin.

Sempat terjadi insiden sebuah mobil terguling di ruas tol fungsional sekitar Bojong Kabupaten Pekalongan.

Dikatakan Fauzi Levi (49) satu di antara pemudik yang mengalami kerusakan mesin, rest area di tol fungsional terlalu jauh hingga beberapa pengemudi terpaksa menepi sebelum sampai di rest area.

"Saya sampai bawa bahan bakar cadangan 10 liter untuk jaga-jaga, karena SPBU hanya ada di rest area dan jaraknya terlalu jauh," ujarnya.

Fauzi yang hendak pergi ke Surabaya, terpaksa tak bisa melanjutkan perjalanan karena rem tak berfungsi secara baik.

"Saya dari Jakarta ingin ke Surabaya, terpaksa berhenti dan menunggu kendaraan derek karena rem tak berfungsi. Padahal sudah saya sipakan semua namun kondisi pengereman kendaraan tidak bisa dipaksa," tuturnya.

5 Jalan di Pulau Jawa yang Memiliki Pemandangan Indah, Bikin Perjalanan Mudikmu Tak Membosankan

Adapun Muhammad Rizqi (55) terpaksa menepikan kendaraan karena kehabisan bahan-bakar.

"Tidak ada SPBU yang mobile, karena lupa mengisi bahan bakar jadinya kehabisan di jalan ini menunggu mobil derek untuk menarik kendaraan saya ke rest area," imbuhnya.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan menerangkan jumlah kendaraan mengalami kenaikan dua kali lipat.

"Walaupun jumlah meningkat, arus lalulintas berjalan lancar, begitu juga di Jalur Pantura juga terpantau lancar," katanya.

Pihaknya tetap melakukan patroli baik di jalan tol fungsional maupun di Pantura guna mengamankan jika terjadi penumpukan arus.

Diskon Tarif Tol Mudik Lebaran 2018

"Ada pengemudi yang berhenti di tepi ruas jalan tol karena mengantuk, namun tidak apa-apa kondisi tidak bisa dipaksa karena jarak rest area masih tujuh kilometer lagi dari pos pengamanan Balbalan," jelasnya.

Pihaknya mengimbau, para pemudik tetap mengutamakan keselamatan dan mengisi bahan bakar sebelum masuk ke jalan tol fungsional.

"Untuk para pemudik tetap menjaga kondisi fisik, jika lelah kami sarankan beristirahat. Selain itu kecepatan berkendara tetap diperhatikan jangan sampai melewati batas," timpalnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Banyak Kendaraan Pemudik Kehabisan BBM, Jarak Rest Area Terlalu Jauh

Sumber: Tribun Jateng
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved