Virus Corona

Muncul Dugaan soal Asal Usul Covid-19, Wanita yang Bekerja di Pasar Wuhan Disebut Jadi Kasus Pertama

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pengujian Covid-19 di Beijing, China. Perdebatan soal asal-usul virus corona masih terus bergulir. Seorang ahli menduga pasien pertama Covid-19 adalah wanita yang bekerja di pasar Wuhan.

TRIBUNWOW.COM – Perdebatan soal asal-usul Covid-19 masih terus terjadi di antara para ahli dan ilmuwan.

Kali ini, muncul dugaan baru bahwa kasus pertama virus corona di dunia yang teridentifikasi, disebut merupakan wanita yang bekerja di pasar Wuhan, China.

Dilansir TribunWow.com dari AFP, seorang ilmuwan terkemuka menyatakan kasus pertama Covid-19 yang direpresentasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebenarnya beberapa hari lebih lambat dari yang diyakini sebelumnya.

ILUSTRASI. Petugas kesehatan di China mendisinfeksi (AFP)

Baca juga: Video Tenaga Kesehatan Bunuh Anjing Milik Pasien Karantina Covid-19 Viral, Picu Kecaman Warga China

Baca juga: China Peringatkan Kemungkinan Penularan Covid-19 dari Paket Belanja 11.11 menuju Hari Lajang

Hal itu diungkapkan oleh ahli virologi Michael Worobey dalam jurnal Science, Kamis (18/11/2021).

Michael Worobey membantah laporan WHO yang menyebut bahwa pasien pertama virus corona adalah seorang pria yang belum pernah mendatangi pasar Wuhan, di mana hewan hidup diperjualbelikan.

Namun, Worobey mengatakan dalam jurnal ilmiah, kasus pertama Covid-19 adalah seorang wanita yang pernah bekerja di pasar tersebut.

Baginya, informasi kunci itu dan analisisnya tentang kasus-kasus awal Covid-19 lainnya di Wuhan, memperkuat dugaan bahwa virus corona berasal dari hewan.

Tanpa bukti yang pasti, perdebatan telah terjadi di antara para ahli sejak awal pandemi mengenai asal usul virus tersebut.

Worobey merupakan satu di antara 15 pakar ahli yang pada pertengahan Mei lalu, menerbitkan penelitian mereka di jurnal Science.

Para ahli itu menuntut pertimbangan serius terkait tesis yang menyatakan bahwa virus telah bocor dari laboratorium Institut Virologi Wuhan (WVI).

Dalam artikel terbarunya, Worobey menyampaikan pendapat soal penelitiannya perihal asal-usul wabah corona.

Halaman
123