Breaking News:

Terkini Nasional

Hotman Paris Sebut Jumlah Turis di Bali Merosot hingga 60 Persen Lebih Buntut KUHP Baru: Ini Serius!

Pengacara Hotman Paris menuturkan perlunya sosialisasi untuk mengedukasi turis terkait KUHP yang baru disahkan.

Instagram @hotmanparisofficial
Pengacara Hotman Paris Hutapea menanggapi pasal kontroversial dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) yang baru, Kamis (8/12/2022). 

TRIBUNWOW.COM - Pengacara Hotman Paris Hutapea mengatakan jumlah turis yang datang ke Bali anjlok lebih dari 60 persen sejak KUHP baru disahkan, Selasa (6/12/2022).

Dilansir TribunWow.com, hal ini disinyalir adanya kabar menyesatkan yang menyebut Indonesia mengkriminalisasi hubungan di luar nikah.

Sehingga, banyak dari turis internasional yang tadinya hendak ke Bali, mengalihkan penerbangan mereka ke Bangkok, Thailand.

Baca juga: Dikaitkan dengan Ferdy Sambo, Hotman Paris Tepuk Jidat Lihat Pasal KUHP Baru soal Hukuman Mati

"Hotman menyuarakan suara orang dari Bali, hari Rabu (7/12/2022) katanya, turis yang datang ke Bali, banyak yang mengalihkan penerbangannya menjadi ke Bangkok," kata Hotman Paris dalam unggahan video singkat di akun Instagram @hotmanparisofficial, Kamis (8/12/2022).

"Diperkirakan turis yang berkurang, drop 60 persen lebih segera setelah viral di dunia internasional bahwa kalau seks di luar nikah bisa diancam penjara."

Menurut Hotman Paris, penetapan KUHP tersebut tanpa adanya sosialisasi bisa merugikan pariwisata Indonesia yang sedang mulai menggeliat.

Sehingga akan mempengaruhi perekonomian masyarakat karena sektor pariwisata di Indonesia terbukti menyumbang banyak untuk devisa negara.

"Banyak teman saya yang mengaku bahwa temannya mau datang ke Bali di-cancel pindah ke Bangkok dan jumlah turis yang datang ke Bali menurun 60 persen lebih," kata Hotman Paris.

"Benar-benar ini sangat tidak fair bagi masyarakat Bali terutama. Masyarakat Bali 2 tahun lebih menderita karena Corona."

Unggahan Hotman Paris berisi kritikan dan desakan pada pemerintah untuk melakukan konferensi pers guna membantah kabar viral soal KUHP baru, Kamis (8/12/2022).
Unggahan Hotman Paris berisi kritikan dan desakan pada pemerintah untuk melakukan konferensi pers guna membantah kabar viral soal KUHP baru, Kamis (8/12/2022). (Instagram @hotmanparisofficial)

Baca juga: Dilarang Bawa Makanan Luar ke Starbucks, Hotman Paris Nekat Bawa Soto Ayam, CEO Starbucks Datang

Menurut Hotman Paris, para turis ketakutan lantaran adanya berita internasional yang menyebut bahwa Indonesia mengkriminalisasi hubungan di luar pernikahan.

Padahal, masyarakat internasional kerap berlibur dengan kekasih atau pasangan yang belum terikat pernikahan.

"Baru mulai menggeliat, baru turis dari Eropa dan Australia datang, ternyata tiba-tiba ada berita viral yang menyesatkan," ujar Hotman Paris.

"Karena berita viral tersebut disebutkan seolah-olah setiap hukuman intim akan masuk penjara, padahal hanya kalau orangtua atau anak dari si pasangan tersebut membuat laporan polisi atau delik aduan."

Namun, kata Hotman Paris, karena kurang adanya kampanye atau pemberitaan dari pemerintah, turis di seluruh dunia ketakutan untuk datang ke Indonesia.

Halaman
1234
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved