Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG Hari Ini Sabtu 26 November 2022: 28 Wilayah Waspada Cuaca Ekstrem Hujan Lebat

Inilah peringatan dini cuaca ekstrem yang telah dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Sabtu (26/11/2022).

AFP
Foto wanita berjalan memakai payung di tengah hujan lebat. Selain peringatan dini cuaca ekstrem, BMKG juga memberikan peta sebaran gambaran potensi gelombang tinggi untuk beberapa perairan di Indonesia. 

TRIBUNWOW.COM - Cek peringatan dini cuaca ekstrem yang telah dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di sejumlah wilayah untuk Sabtu (26/11/2022).

Selain peringatan dini cuaca ekstrem, BMKG juga memberikan peta sebaran gambaran potensi gelombang tinggi untuk beberapa perairan di Indonesia.

Dilansir TribunWow.com dari BMKG, berikut rincian peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia:

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Besok Sabtu 26 November 2022: Hujan Petir di 7 Wilayah, Surabaya Termasuk

BMKG menyebutkan, bibit siklon tropis 94S terpantau di Samudera Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Barat, yang membentuk daerah pertemuan disertai perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari P. Lombok hingga P. Sumba serta di Samudera Hindia selatan Nusa Tenggara Timur.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis.

Kemudian sirkulasi siklonik terpantau di Laut Andaman, di Samudera Hindia barat Bengkulu, di Laut Jawa, di Laut Sulawesi, dan di Samudera Pasifik utara Papua.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Besok Sabtu 26 November 2022: Maluku Hujan Lebat, Riau Hujan Petir dan Angin

Sirkulasi-sirkulasi tersebut membentuk konvergensi yang memanjang di Aceh, dari Kep. Mentawai hingga Bengkulu, di Kep. Riau, di Kep. Bangka-Belitung, dari perairan selatan Jawa Tengah hingga Banten, di Jawa Timur dan di Sulawesi Utara.

Daerah konvergensi lain juga terpantau memanjang di Kalimantan Selatan, Sulawesi bagian tengah, Malulu Utara, Papua Barat, dan Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang:

Aceh

Sumatera Utara

Sumatera Barat

Bengkulu

Halaman
1234
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved