Breaking News:

Kabar Tokoh

1 Hari seusai Prabowo Kunjungi AS, Rusia Umumkan Diskusi dengan Amerika Serikat Bahas Ukraina

Sehari seusai Prabowo melakukan kunjungan ke AS, Menhan AS mengiyakan telah melakukan diskusi dengan Rusia membahas Ukraina.

YouTube Kompastv
Menteri Pertahanan RI (Menhan) Prabowo Subianto sempat menemui langsung Menhan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin di Pentagon, pada Kamis (20/10/2022). 

TRIBUNWOW.COM - Menteri Pertahanan RI (Menhan) Prabowo Subianto sempat menemui langsung Menhan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin di Pentagon, pada Kamis (20/10/2022).

Menariknya, sehari seusai Prabowo menemui Austin, AS dan Rusia melakukan diskusi membahas Ukraina pada Jumat (21/10/2022).

Dikutip TribunWow dari Kompastv, diskusi antara Rusia dan AS tersebut termasuk kejadian yang sangat langka di tengah konflik Ukraina.

Baca juga: Kelompok Islam hingga Barisan Sakit Hati Prabowo, Pengamat Sorot Pendukung Duet Anies-AHY di 2024

Seperti yang diketahui, AS dan Rusia terakhir melakukan kontak pada Mei 2022 lalu.

Sementara itu saat bertemu dengan Menhan AS, Prabowo membahas kerja sama ke depan antara AS dan Indonesia.

"Selaras dengan tujuan strategis untuk memajukan Indo-Pasifik yang lebih terhubung, sejahtera, aman, tangguh serta bebas dan terbuka, saya percaya untuk mencapai tujuan ini akan membutuhkan kerja sama dan partisipasi negara-negara Indo-Pasifik," ucap Prabowo.

Menhan AS juga menyampaikan dukungan modernisasi militer untuk Indonesia.

Diketahui selama dua tahun belakangan, Indonesia mengirimkan taruna untuk menerima beasiswa belajar di tiga akademi militer AS ternama, mulai dari The US Military Academy (USMA) West Point, Akademi Angkatan Laut AS atau The US Naval Academy (USNA) Annapolis, dan Akademi Angkatan Udara AS atau The US Air Force Academy (USAFA) Colorado.

Dikutip TribunWow dari rt, berdasarkan pengumuman yang disampaikan oleh pasukan militer Rusia, diskusi antara Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dengan Menhan AS membahas soal isu keamanan internasional dan kondisi terkini di Ukraina.

Pihak AS turut mengonfirmasi adanya kontak antara Shoigu dan Austin.

Kementerian Pertahanan AS menjelaskan pentingnya tetap menjalin komunikasi dengan Rusia di tengah konflik yang terjadi di Ukraina.

Seperti yang diketahui, terakhir kali Rusia dan AS melakukan kontak adalah pada Mei 2022 lalu.

Keduanya tidak menjelaskan secara detail apa isi diskusi pada saat itu.

Namun diketahui diskusi saat itu berlangsung selama satu jam tanpa adanya hasil konkrit.

Halaman
1234
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved