Breaking News:

Migrasi TV Digital

Alasan TV Analog di Jabodetabek Batal Dimatikan 5 Oktober 2022, Ini Cara Migrasi ke TV Digital

Inilah cara melakukan migrasi dari TV Analog ke TV Digital, siaran TV Analog di wilayah Jabodetabek akan dimatikan per 5 Oktober 2022.

Kompas.com
Ilustrasi acara tv digital. Siaran TV Analog dengan antena biasa di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan dimatikan per Rabu (5/10/2022). 

TRIBUNWOW.COM - Siaran TV Analog dengan antena biasa di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang rencananya akan dimatikan per Rabu (5/10/2022) dibatalkan.

Dilansir Kompas.tv, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengundurkan jadwal migrasi sepenuhnya dari TV Analog ke TV Digital alias suntik mati TV Analog (Analog switch-off/ASO) di wilayah Jabodetabek.

Semula, Kominfo menyatakan bakal suntik mati TV Analog di wilayah tersebut pada Rabu (5/10/2022).

Baca juga: Besok Hari Terakhir Siaran TV Analog di Jabodetabek, Segera Migrasi TV Digital, Ikuti Caranya

Namun, menurut Dirjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kominfo Usman Kansong, jadwal ASO Jabodetabek diundur menjadi 2 November 2022.

Usman menyebut, hal itu sesuai dengan permintaan dari Asosiasi Televisi Swasta Indonesia sebagai pihak penyelenggara multipleksing,

"Persiapan terus dilakukan dan sebetulnya kita siap ASO Jabodetabek 5 Oktober 2022," kata Usman, dikutip dari Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

"Namun, ATVSI/penyelenggara multipleksing meminta ASO Jabodetabek digeser ke 2 November 2022 sebagai batas akhir ASO sesuai dengan UU Cipta Kerja."

Sebelumnya, Kominfo menyebut secara teknis wilayah Jabodetabek telah siap untuk migrasi TV Analog ke siaran TV Digital.

Sehingga suntik mati siaran TV Analog di Jabodetabek dijadwalkan pada 5 Oktober 2022 pukul 24.00 WIB.

"Untuk siaran TV Analog di wilayah Jabodetabek (Jakarta Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) akan dilaksanakan ASO atau berhenti mulai 5 Oktober 2022. Siaran TV selanjutnya beralih ke sistem siaran TV Digital," kata Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti dalam keterangan tertulis, Jumat (23/9/2022) lalu.

Adapun daerah administratif yang dijadwalkan terdampak ASO di Jabodetabek terdiri atas 14 kabupaten/kota, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Kepulauan Seribu.

Baca juga: Cara Ubah TV Analog ke TV Digital, Siaran TV Analog Dimatikan per 5 Oktober di Jabodetabek

Kemudian Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Namun, pada hari ini, Kominfo menyebut pelaksanan ASO di Jabodetabek diundur pada 2 November 2022 sesuai undang-undang.

Peraturan soal TV digital tertuang dalam pasal 60A Undang-Undang No. 32 tahun 2002 tentang Penyiaran melalui Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved