Breaking News:

Tragedi Arema FC Vs Persebaya

Liga 1 Resmi Dihentikan oleh PSSI Imbas Insiden Arema Vs Persebaya hingga Waktu yang Tak Ditentukan

PSSI resmi hentikan gelaran Liga 1 2022 imbas kerusuhan di laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya hingga waktu yang tak ditentukan.

SURYA/PURWANTO
Suporter Arema FC, Aremania turun ke stadion usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022). Aremania meluapkan kekecewaannya dengan turun dan masuk kedalam stadion usai tim kesayangannya kalah melawan Persebaya Surabaya dengan skor 2-3. SURYA/PURWANTO 

TRIBUNWOW.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, umumkan gelaran Liga 1 2022 dihentikan hingga waktu yang tak ditentukan imbas dari kericuhan yang tewaskan ratusan korban jiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022).

Dilansir TribunWow.com dari laman resmi PSSI.org, dalam rilis resminya Minggu (2/10/2022), PSSI menjelaskan progres penindakan yang tengah dilakukan imbas insiden mengerikan yang menewaskan ratusan suporter Arema FC.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan bersama Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengunjungi Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Minggu (2/10/2022).

Selain ditemani oleh Kapolri, Mochamad Iriawan juga turut ditemani oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendi, Menpora Zainudin Amali, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Nico Afinta, Ketua Komdis Erwin Tobing, dan Dirut LIB Ahmad Hadian Lukita.

Baca juga: Aksi Heroik Aremania Selamatkan Aremanita Dalam Tragedi Arema FC Vs Persebaya hingga Meregang Nyawa

Dalam pernyataan resminya, Mochamad Iriawan atau kerap disapa Iwan Bule menyampaikan ucapan bela sungkawa atas insiden yang telah terjadi.

Ia juga memintaa maaf kepada semua keluarga korban dan semua pihak terkait atas insiden kericuhan tersebut.

"PSSI menyampaikan duka yang mendalam terkait insiden ini. Kami juga meminta maaf kepada keluarga korban dan semua pihak. Tentu menjadi evaluasi PSSI agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Kami juga langsung membentuk tim investigasi untuk insiden ini. Tim sudah bekerja mulai hari ini,” kata Iriawan. 

Untuk keperluan proses penyelidikan, PSSI mengambil langkah untuk memberhentikan sementara gelaran Liga 1 2022 hingga waktu yang tak ditentukan.

Iwan juga membeberkan sanksi yang telah resmi dijatuhkan kepada Arema FC imbas insiden di Stadion Kanjuruhan tersebut.

Suasana salah satu tribun di stadion Kanjuruhan yang penuh gas air mata usai laga Arema FC vs Persebaya, Sabtu (1/10/2022). Media asing Nytimes menyoroti kontroversi tembakan gas air mata yang dilontarkan pihak kepolisian ke arah penonton.
Suasana salah satu tribun di stadion Kanjuruhan yang penuh gas air mata usai laga Arema FC vs Persebaya, Sabtu (1/10/2022). Media asing Nytimes menyoroti kontroversi tembakan gas air mata yang dilontarkan pihak kepolisian ke arah penonton. (istimewa via TribunJatim.com)

Baca juga: Melihat Suporter Arema FC Meninggal Dalam Pelukan Pemainnya, Javier Roca: Saya Hancur Secara Mental

"Untuk sementara kompetisi Liga 1 2022/2023 kami hentikan hingga waktu yang tidak ditentukan. Selain itu tim Arema FC dilarang menjadi tuan rumah selama sisa kompetisi musim ini," tambahnya.  

Sementara itu, Menpora, Zainduin Amali, meminta PSSI untuk melakukan evaluasi agar kejadian serupa tak terjadi kembali di kemudian hari.

Hal itu juga sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi yang meminta evaluasi total terkait sistem di Liga 1 2022.

"Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, PSSI diminta melakukan evaluasi secara total terhadap sistem saat ini, yang digunakan sebagai cara berkompetisi sehingga akan dapatkan cara terbaik, para pemain bisa main tenang, dan penonton nyaman menonton," kata Amali.

Di sisi lain, selaras dengan instruksi Presiden Jokowi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, membentuk tim dari Mabes Polri untuk mengevaluasi penyelenggaraan, pengamanan sekaligus melakukan investigasi terkait dengan hal itu.

Halaman
1234
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved