Breaking News:

Pilpres 2024

Berita Ganjar Pranowo: Hasil Survei Buktikan Ganjar Dongkrak Elektabilitas PDIP, Berbeda dengan Puan

Hasil survei lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan signifikansi Ganjar Pranowo dan Puan Maharani di PDIP.

Kolase/TribunKaltara/Kompas.com
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani (kanan). Terbaru, hasil survei tunjukkan elektabilitas PDIP jika mengusung Puan atau Ganjar, Kamis (29/9/2022). 

TRIBUNWOW.COM - Hasil survei lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan signifikansi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di partainya, PDIP.

Dilansir TribunWow.com, rupanya nama Ganjar Pranowo memiliki andil besar dalam elektabilitas partainya.

Hal ini berbeda dengan jagoan lain PDIP, Ketua DPR Puan Maharani yang masih belum bisa menyaingi Ganjar Pranowo.

Baca juga: Sama-sama Rajin Blusukan, Anies Baswedan Disebut Lebih Kaku ketimbang Ganjar gara-gara Hal Ini

Dalam surveinya, SMRC menilik pengaruh antara calon presiden yang akan diusung pada Pemilu 2024 dengan elektabilitas partai.

Diperlihatkan hasil sebanyak 43 persen responden tidak akan memilih PDIP, sementara 29 persen tidak menjawab, dan sisanya sebanyak 28 persen akan memilih partai banteng tersebut.

Namun, ketika PDIP mencalonkan Puan, justru terjadi penurunan suara di mana 44% tidak akan memilih PDIP, 31% menjawab tidak tahu, dan 25% akan tetap memilih.

Kondisi berbeda tampak ketika Ganjar diasumsikan menjadi nama yang diusung oleh PDIP.

Terlihat elektabilitas partai meningkat tajam dengan pemilih sebanyak 43% suara, disusul 33% responden tetap tidak memilih, dan 24% tak menjawab.

"Kalau dimasukan Ganjar, naik cukup tajam. Intinya, bukan soal persennya, Ganjar memperkuat PDI-P secara signifikan, persisnya," kata pendiri lembaga SMRC, Saiful Mujadi, dikutip kanal YouTube SMRC TV, Kamis (29/9/2022).

"Nah jadi kalau dilihat ini, hasil efek terhadap PDI Perjuangan, yang paling bagus adalah Ganjar, dia punya pengaruh sekitar 15 persen."

Kolase hasil survei lembaga SMRC mengenai elektabilitas PDIP jika mengusung nama Ganjar Pranowo (kiri) dan Puan Maharani (kanan), Kamis (29/9/2022).
Kolase hasil survei lembaga SMRC mengenai elektabilitas PDIP jika mengusung nama Ganjar Pranowo (kiri) dan Puan Maharani (kanan), Kamis (29/9/2022). (YouTube SMRC TV)

Baca juga: Berita Ganjar Pranowo - Ini Jawaban Puan soal Rivalitas Dewan Kolonel dan Dewan Kopral: Hanya Nama

Dari hasil survei tersebut, maka disimpulkan Ganjar adalah tokoh yang akan membawa elektabilitas PDIP melonjak.

Bahkan, ia juga mengalahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto jika keduanya diasumsikan akan diusung PDIP.

"Kalau dilihat inginnya adalah kader sendiri yang menjadi presiden, dan juga memperkuat parpol, maka Ganjar adalah pilihan terbaik untuk PDI Perjuangan," tandasnya.

Baca juga: Berita Ganjar Pranowo: Jika Gubernur Jateng Tak Dicalonkan PDIP, Relawan akan Pindah ke Prabowo

Lihat tayangan selengkapnya dari menit ke- 05.00:

Elektabilitas Ganjar dalam Hasil Survei Charta Politika
Halaman
12
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved