Breaking News:

Terkini Nasional

VIDEO Pengamat Soroti Pernyataan Effendi Simbolon: Mengapa Hanya TNI AD yang Marah?

Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon yang menyebut TNI seperti gerombolan dan melebihi ormas.

TRIBUNWOW.COM - Pengamat Intelijen dan Keamanan Ridlwan Habib buka suara soal pernyataan Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon yang viral dan menuai protes keras dari TNI AD.

Diketahui, Effendi Simbolon jadi perbincangan setelah menyebut TNI seperti gerombolan dan melebihi ormas.

Dilansir Tribunnews.com, hal ini disampaikan Effendi Simbolon saat rapat kerja dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di gedung DPR RI Jakarta, Senin (5/9/2022) lalu.

Dandim 0623/Cilegon Letnan Kolonel Inf Ari Widyo beserta jajaranya mengecam pernyataan anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Effendi Simbolon yang menyebut TNI bak gerombolan lebih-lebih ormas.
Dandim 0623/Cilegon Letnan Kolonel Inf Ari Widyo beserta jajaranya mengecam pernyataan anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Effendi Simbolon yang menyebut TNI bak gerombolan lebih-lebih ormas. (Kanal YouTube TribunJatim Official)

Baca juga: Tanggapi Permohonan Maaf Effendi Simbolon, KSAD Dudung Minta TNI Hentikan Protes: Sudah Cukup

Pernyataan Effendi Simbolon itu membuat prajurit TNI AD di sejumlah wilayah Indonesia mulai dari jenderal hingga tamtama marah.

Kemarahan prajurit TNI AD itu banyak ditemukan di media sosial.

Lalu mengapa hanya para prajurit TNI AD yang mengemukakan kemarahannya?

Pengamat Intelijen dan Keamanan Ridlwan Habib heran dengan hal tersebut.

Baca juga: VIDEO KSAD Dudung Tanggapi soal Pernyataan Effendi Simbolon soal TNI: Jangan Asal Bicara

Dia mempertanyakan kenapa TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara tidak memberikan respons atas pernyataan Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon yang menyamakan TNI sebagai gerombolan.

“Yang disebutkan oleh Effendi Simbolon itu adalah TNI bukan TNI Angkatan Darat. Jadi semestinya yang marah tidak hanya TNI Angkatan Darat, karena yang disebutkan oleh Bang Effendy Simbolon kan tidak menyebutkan angkatan,” ucap Ridlwan dikutip dari Kompas.TV, Kamis (15/9/2022).

“Nah ini yang kemudian menjadi pertanyaan bagaimana yang lain, Angkatan Laut, Angkatan Udara, kenapa mereka tidak membuat video kemarahan yang kemudian secara beruntun viral di mana-mana itu. Ini kan jadi pertanyaan publik, loh kok yang marah cuma Angkatan Darat padahal yang disebut adalah TNI-nya," kata Ridlwan menambahkan.

Atas dasar itu, Ridlwan pun mempertanyakan apakah kemarahan prajurit TNI Angkatan Darat terjadi karena spontan atau memang perintah.

Sebab narasi muncul di ruang publik, pernyataan sejumlah prajurit TNI Angkatan Darat yang melakukan protes isinya sama.

“Tugas Kepala Staf Angkatan Darat adalah melakukan pembinaan di matranya, saya sih mendukung ya secara pribadi komplain teman-teman TNI AD, wajar,” ujar Ridlwan.

“Apakah marahnya ini sistematis by komando atau spontanitas dari teman-teman, ini akan menjadi satu pertanyaan karena kalau kemudian ini adalah perintah dari komando, apakah Panglima TNI perlu mensupervisi perintah-perintah semacam ini," kata dia menambahkan.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved