Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG Hari Ini Minggu 4 September 2022: Cuaca Ekstrem Hujan Lebat di 15 Wilayah

Sebelum memulai aktivitas, cek peringatan dini cuaca ekstrem di wilayahmu besok, Minggu (4/9/2022), yang diberikan oleh BMKG.

AFP PHOTO / JACK GUEZ
Ilustrasi hujan lebat. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk sejumlah wilayah untuk Minggu (4/9/2022), 

TRIBUNWOW.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk sejumlah wilayah untuk Minggu (4/9/2022),

Berdasarkan peringatan dini cuaca ekstrem BMKG, 15 wilayah berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang, seperti di Aceh, Gorontalo, hingga di Kalimantan Selatan.

Berikut rincian peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia yang perlu kamu waspadai, dilansir TribunWow.com dari laman resmi BMKG:

Baca juga: Pengakuan Mengejutkan Atta Halilintar seusai dari RS, Akui Sempat Rasakan Kritis, Napas pun Sulit

BMKG menyebutkan, sirkulasi siklonik berada di Selat Makassar dan membentuk daerah konvergensi yang memanjang Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah.

Daerah konvergensi lain memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dari Papua hingga Papua Barat Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Peningkatan Kecepatan Angin >25 knot berada dari pesisir utara Australia hingga Maluku bagian selatan dan Laut Banda, Laut Cina Selatan hingga Filipina yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang laut di wilayah perairan tersebut.

Labilitas Lokal Kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Baca juga: Bayangkan Persidangan Kasus Brigadir J, Komnas HAM Ungkap Kemungkinan Pertanyaan yang Diajukan Hakim

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang:

Aceh

Lampung

Kalimantan Barat

Kalimantan Tengah

Kalimantan Utara

Kalimantan Timur

Halaman
1234
Sumber: TribunWow.com
ANDA MUNGKIN MENYUKAI
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved